5 Hal Penting Saat Blogwalking

blogwalking tips

Blogwalking atau kegiatan berkunjung ke blog lain sudah bukan hal yang baru lagi bagi dunia blogger. Ada yang menyempatkan diri BW atau Blogwalking atau kunjungan blog sehari seratus blog, atau juga yang memprioritaskan kunjungan blog ke beberapa blog yang terlebih dahulu mampir dan meninggalkan komen. Ada juga yang seperti saya, berkunjung ke blog lain melalui blogroll. Kebetulan, saya menggunakan aplikasi Bloglovin untuk menyimpan Blogroll ini.

Bagaimana pun gaya atau style para blogwalker ini, semua sama tujuannya yaitu berkunjung ke blog yang dimiliki oleh orang lain. Dengan kegiatan atau aktivitas ini, bisa mempengaruhi nilai Domain Authority yang bisa melonjak naik, juga bagus untuk memperkecil skor pada Alexa. Meski demikian banyak manfaat blogwalking, kebanyakan para blogwalker juga tidak hanya mengincar penilaian tersebut, tapi juga demi mempererat ikatan sesama blogger, juga agar bisa saling mengenal dan dikenal.

Hanya saja, banyak juga para blogwalker yang terkadang malah membuat si empunya blog meradang. Ini dikarenakan beberapa hal yang kurang berkenan di hati empunya blog, kenapa? Alih-alih meninggalkan komen, si blogwalker tersebut ternyata hanya meninggalkan jejak iklan di kolom komentarnya. Selain iklan, terkadang banyak spammer yang meninggalkan jejak tak mengenakkan di rumah maya seseorang. 

Lantas, apakah adakah hal yang harus diketahui bagi para blogwalker ? Berikut ini saya akan kasih hal penting yang dibagikan oleh Mbak Ani Berta – melalui acara Fun Blogging yang ke-11 yang diadakan di Jakarta hari Sabtu (14 Mei 2016) – terkait kunjungan blog yang efektif dan etika meninggalkan komentar. 

Bagaimana Cara Blogwalking Yang Benar

1. Jika memang waktu untuk mengelola blog cenderung tidak banyak, usahakan untuk bisa berkunjung ke blog lain (baik ke blog para blogger yang berkunjung terlebih dahulu, atau melalui blogroll) usai menyelesaikan tulisan. Cara ini efektif untuk blogger yang memang tidak memiliki kesempatan untuk blogwalking karena kesibukan. Selain itu, dengan berkunjung ke blog lain usai menerbitkan tulisan di blog, bisa membuat pembaca merasa senang karena membaca tulisan terbaru.

2. Kemudian, ketika blogwalking, usahakan untuk meninggalkan komentar. Meninggalkan komentar merupakan manfaat yang bisa dirasakan oleh kedua pihak, baik sang blogwalker maupun yang empunya blog. Termasuk simbiosis mutualisme. Kenapa? Bagi seorang empunya blog, pastinya ketika tulisan dibaca dan dikomentari akan meninggalkan rasa puas yang tidak terkira. Demikian juga untuk sang blogwalker, meninggalkan komentar akan memberikan tambahan tautan yang akan dihitung oleh alogaritma mesin pencari dimana efek paling bermanfaat dengan backlink ini yaitu skor Alexa dan DA bisa ideal. 

3. Tinggalkan komentar yang relevan dengan isi tulisan

Coba, bagaimana rasanya ketika sudah menulis panjang kali lebar kali tinggi, kemudian yang banyak komentar para spammer. Isinya hanya : “thanks for share”, “pertamax gan”, “izin nenda” dan segala macam yang tidak ada kaitannya dengan isi tulisan. Kalau saya pribadi rasanya tuh, embuh. Saking embuhnya saya tidak akan bisa berpikir lagi. Tapi, kalau ditinggalkan komentar yang berisi sesuatu yang berkaitan dengan isi, atau malah ada yang mau berbagi melalui komentar mereka, bukankah itu akan sangat menyenangkan?

Malah, saya juga sering mampir ke satu tulisan yang isinya curahan hati sang empunya blog. Di kolom komentar saya ikutan curcol dengan menceritakan kejadian yang menimpa saya sesuai dengan apa yang dia alami juga. Ini bisa menjadi bonding yang bagus dengan melatih empati bagi orang lain.

4. Jika dirasa tidak begitu paham dengan isi dari tulisan blog yang kita kunjungi, ada baiknya untuk memberikan apresiasi yang baik untuk empunya blog. Baik itu dengan komentar yang bisa membuat empunya blog paham bahwa tulisannya bermanfaat, agar tambah semangat untuk ngeblog.

Tenang, bukan berarti manusia harus berharap mendapat apresiasi. Tapi, setiap adat istiadat di Indonesia yang saya tahu, mereka selalu mengajarkan apresiasi dalam bentuk kecil, misalnya mengucapkan “Terima kasih”. Ingat, kita makhluk yang istimewa, bukan seperti angin yang tak dapat kita lihat jejaknya. 

5. Setelah membaca tulisan, kemudian meninggalkan komentar. Eits, jangan terburu-buru, ada baiknya untuk membantu agar tulisan yang kita baca dan dirasakan oleh kita manfaatnya bisa dirasakan juga manfaat tersebut oleh orang lain. Dengan cara membagikan tulisan tersebut ke media sosial.

Jangan mau kalah dengan konten viral yang isinya, “Menjadi Kaya melalui Mbah Dukun Parworiroro“. 

Dengan membagikan konten yang bermanfaat, sebagai blogwalker juga ikut serta dalam mengkampanyekan internet sehat serta mencerdaskan masyarakat Indonesia yang berada di pelosok lainnya. Dengan berbagi tidak akan menjadi miskin, tapi dengan berbagi hidup menjadi lebih berarti. Seperti kutipan dari film Laskar Pelagi berikut, “Hiduplah dengan lebih banyak memberi, bukan seberapa banyak menerima.

Jadi, semangat untuk berkunjung ke blog lain? Jika masih bersemangat jangan lupa perhatikan hal-hal di atas. Atau Anda memiliki hal tambahan yang bisa dijadikan wawasan untuk pembaca lain? Silakan bagikan melalui kolom komentar :). Terima kasih

Written by

Blogger – Reader – Writer – Amateur Photographer – Reviewer – BuzzerFor more information about me kindly please visit this link : About on Top Menu. Bussiness Inquiry or more information please send your email to : ipehalena@gmail.com .

Leave a Reply

%d bloggers like this: