Tips Mengelola Waktu ala Kania Ningsih

Tips Mengelola Waktu ala Kania Ningsih

MomBlogger dari Tangerang Yang Terus Menebar Manfaat Melalui Tulisannya ini sudah saya tahu sejak sebelum ikut grup Arisan. Karena tergabung di komunitas yang sama, yaitu komunitas blogger. Membuat saya senang mampir ke beberapa tulisannya, apalagi beberapa waktu lalu beliau dinobatkan menjadi Emak of The Month. Dengan penilaian, konsistensinya mengelola 4 blog bersamaan yang memiliki niche berbeda.

Dari sosok Blogger Wanita yang satu inilah, saya kemudian ingin menuliskan tentang beliau serta apa saja yang membuat saya terpacu semangatnya untuk terus menulis. Semoga saja pembaca juga bisa menerima manfaat melalui tulisan kali ini.

Tetap Produktif Menulis

Kalau mengingat kembali, Mba Kania ini baru bisa menulis untuk blognya saat anak-anaknya sedang di sekolah. Sekitar jam 8 sampai jam 10 ya kira-kira. Di waktu itulah, Mba Kania akan memanfaatkan waktunya dengan serius untuk menulis, publish postingan, share ke beberapa grup juga blogwalking. Mengingat keterbatasan waktu inilah, penting untuk mengurutkan apa-apa saja yang menjadi prioritas saat online.

Jadi ingat dengan sosok Pramoedya Ananta Toer, yang menginspirasi banyak pemuda dan pemudi melalui tulisan-tulisannya. Tapi, ada juga loh yang menginspirasi dari Pram. Coba deh diingat kembali, kapan tepatnya beliau menulis buku-buku yang tebal seperti Pulau Buru, misalnya. Beliau menulis semua buku tersebut di penjara. Dengan ruangan terbatas, tempat inspirasi yang tidak banyak serta kalau saya baca di salah satu bukunya. Bahkan ketika menjadi tahanan, beliau harus bekerja sambil bercocok tanam.

Kalau begitu kapan tepatnya Pram menulis? Yang pasti, beliau menulis setiap ada kesempatan kosong. Setiap ada waktu luang, digunakan untuknya menulis. Tiada hari tanpa menulis, tiada waktu luang yang digunakan untuk sekadar menyesali nasib.

Tips Mengelola Waktu ala Kania Ningsih

Begitu juga dengan Mba Kania, yang tetap menunjukkan bahwa ‘Perempuan Bisa’ meski waktu yang disediakan itu sedikit atau sempit. Tidak ada alasan. Padahal Mba Kania juga mengerjakan pekerjaan rumah tangganya sendiri, loh. Jadi, kalau masih belum bisa meluangkan waktu barang sedikit saja, dicek lagi, jangan-jangan terlalu sering menunda pekerjaan sehingga hari-harinya terasa masih kurang banyak (ngomong sama cermin).

Hadapi Writer’s Block

Namanya blogger, keahliannya pasti menulis. Nah, kalau sudah kena yang namanya rasa jenuh, bosan aka bingung mau nulis kayak gimana lagi. Mba Kania sempat membagi tipsnya, dengan mengerjakan hobi lain yang menyenangkan. Atau sekadar becanda dengan anak-anaknya itu sudah membuatnya bahagia dan melepas kejenuhan serta kepenatannya. Ah, betapa menjadi seorang Ibu itu mudah sekali yaa bahagianya, cukup melihat anak ceria aja udah bahagia. Duh, jadi kangen masakan ikan peda’ ibu (lah gak nyambung).

Kalau dilihat, benar sih bahwa Mba Kania memang lekat sekali dengan dunia tulis menulis ini, apalagi sejak SMA sudah terbiasa menulis diary, kemudian menulis surat dengan sahabat pena, sampai mengirim tulisannya ke media. Tidak heran kalau keahlian menulis Mba Kania ini membuatnya beberapa kali memenangkan lomba. Kalau ditanya, siapa yang menginspirasi saya untuk menulis? Banyak pastinya, seperti Mba Kania yang terinspirasi dari sosok Gol A Gong yang juga tetap optimal penjadi sosok penulis meski memiliki keterbatasan.

Beri Limit Saat Hiatus

Terkadang hiatus itu perlu juga loh untuk beberapa orang yang memang butuh. Bukan berarti hiatus ngeblog terus menjadi “Tidak Peduli Dengan Blog” atau menjadi “Sok Gak Butuh Job Dari Blog”. Bukan, hiatus bisa saja terjadi ketika harus menghabiskan waktu dengan keluarga yang mana butuh effort yang tinggi. Atau saat pekerjaan menumpuk kemudian tidak bisa lagi membagi waktu untuk menulis. Lebih baik tinggalkan sejenak saja.

Tapi, tetap beri batas waktu, seperti Seminggu tidak ngeblog, misalnya. Batas waktu ini berguna untuk menyadarkan diri kita agar memanfaatkan waktu selama hiatus agar tidak terbuang dengan percuma. Beneran memang, waktu itu adalah emas. Kalau terbuang sedikit saja, rasanya tuh pekerjaan bisa numpuk tanpa sadar. Jadi, tetap pergunakan waktu dalam masa hiatus namun berikan batas kapan akan mulai ngeblog kembali.

Kenapa saya kasih saran seminggu, karena Mba Kania hanya memberi batas seminggu saja untuk hiatus, menurutnya seminggu itu ideal, soalnya beliau akan merasakan kangen untuk kembali ngeblog. Jadi inget sama lagu Chicago yang Hard to say i’m sorry. Jadi, butuh waktu dan jarak untuk kembali membangun benih kangen #eeaaa….

Tips Mengelola Waktu ala Kania Ningsih

Cari Ide 

Blogger Tangerang ini hampir sama kayak saya, yang sering mendapatkan ide dari blogwalking. Betul banget, tidak ada ruginya berkunjung ke blog lain dan membaca postingan teman sesama blogger. Karena terkadang justru ide bisa muncul dari tulisan yang dibaca. Dari cara inilah, Mba Kania tampak tidak pernah kehabisan ide. Saya jadi semangat untuk blogwalking lagi nih, karena belakangan sedang kurang bersemangat, apalagi memang kondisi badan masih belum sehat betul (alasan aja nih si Ipeh).

Tips Mengelola Waktu ala Kania Ningsih

Misalnya, sudah blogwalking tapi ide masih belum juga menampakkan diri, coba deh dengan menonton film. Siapa tahu dibeberapa kejadian yang ada dalam film bisa menjadi inspirasi untuk menulis. Atau malah, film tersebut bisa dijadikan bahan tulisan semacam ulasan atau pendapat tentang film. Seperti contoh tulisan Mba Kania tentang Pesan yang ditangkap olehnya dari Film Haji Backpacker.

Bagi Waktu Ala Mba Kania

Ini dia nih yang saya tunggu-tunggu, sambil saya juga masih harus belajar mengatur waktu lagi dan lagi. Karena masih sering keteteran dengan tugas lainnya, jadi saya bagikan juga bagaimana Tips Mengatur Waktu Ala Mba Kania

Tips Mengelola Waktu ala Kania Ningsih
  • Jangan dipaksa, kalau misalnya baru bisa menulis saat pagi ketika anak sekolah, manfaatkan saja waktu tersebut. Atau justru malam ketika semuanya sudah tidur pun bisa dimanfaatkan.
  • Kasih target untuk setiap blog. Mba Kania sendiri memiliki target minimal 1 postingan setiap bulan untuk blog yang dikelolanya. Jadi, kalau blog pembaca sudah lebih dari lima bulan, coba ditengok dulu, jangan-jangan sudah ada yang ‘menyewa’ tanpa ketahuan lagi.
  • Hindari alasan TIDAK SEMPAT karena terlalu repot mengurus rumah tangga. Siapa tahu, waktu yang sedikit misalnya sambil menunggu anak di sekolah, bisa dimanfaatkan untuk ngedraf sehingga ketika tiba di rumah bisa diselesaikan tulisanya.¬†
  • Mba Kania menjadikan Social Media sebagai ‘hadiah’. Ini kenapa mba Kania bisa memanfaatkan waktunya dengan baik untuk menulis. Kalau masih sering tak sempat menulis, coba deh atur jadwalnya, buka social media usai menulis untuk blog, misalnya. Siapa tahu bisa jadi penyemangat.
  • Kalau tulisannya belum sempat selesai sementara tugas lainnya sudah menunggu, simpan saja dulu. Karena kita bisa LANJUTKAN menulis setelahnya. Tapi, harus diselesaikan ya, jangan kelamaan menunda (ngomong sama diri sendiri).

***

Penutup

Setiap kali berkesempatan melihat chat mba Kania di grup, saya sering mendapati mba Kania meyakinkan member lain di grup 4 ini, bahwa “Kita Memiliki Rejeki Kita Masing-Masing“. Ketika ada moment Mba Muthia mengalami kekalahan, mba Kania akan meyakinkan semoga nanti ada rezekinya, atau saat anggota lain merasa ini dan itu, mba Kania akan melemparkan pesan agar tidak berputus asa dari Rahmat Allah karena pasti ada kesempatannya.

Juga dalam hal lomba. Namanya ikut lomba pasti ada menang dan kalah, saya sendiri masih sering kalah kalau lomba blog, tapi allhamdulillah lomba yang lain saya dikasih kesempatan menang, hehe. Tapi, benar sih memang, lomba itu bukan tentang menang dan kalah saja, tapi bagaimana menantang diri untuk menyajikan tulisan, berlatih agar bisa menulis yang disukai pembaca.

Dan ikut lomba juga bermanfaat agar blog yang kita kelola bisa diisi dengan tulisan baru, hehehe kalau yang ini saya banget nih. Karena saya ikut lomba seringnya untuk mengisi blog agar tidak kelamaan bolong-bolongnya. 

Baiklah, semoga saja tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika pembaca ingin berbagi tips mengelola waktu atau kenangan saat bertemu dengan mba Kania, atau justru mendapat tips bermanfaat dari tulisan beliau, bisa berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih

Informasi Tambahan

Kania Ningsih

Blog : http://www.rumahmayakania.com/

Blog : http://www.petualanganzara.com/

Twitter : @kanianingsih

Instagram : @kanianingsih

Written by

Leave a Reply

%d bloggers like this: