Experience,  Traveling

Equipment yang Wajib Kamu Miliki Saat Musim Hujan agar Berkendara Lebih Aman

Equipment yang Wajib Kamu Miliki Saat Musim Hujan agar Berkendara Lebih Aman

Perlengkapan Musim Hujan

Sudah tahu di Indonesia hanya ada dua musim yaitu, musim hujan dan musim kemarau. Tapi masih saja banyak pengendara motor yang tidak membekali dirinya dengan jas hujan (raincoat) atau berbagai item yang bermanfaat untuk melindungi mereka agar tidak basah saat hujan.

Selain rain coat item penting lain yang sebaiknya kamu miliki jika menggunakan kendaraan roda dua adalah box motor yang sangat bermanfaat untuk melindungi agar barang-barang yang kamu bawah tidak basah dan untuk memberikan rasa nyaman dan aman saat berkendara di musim hujan sehingga kita tidak terburu-buru memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Ngomong-ngomong soal berkendara di musim hujan yang biasanya berlangsung antara bulan Oktober hingga Maret, punya beberapa saran equipment yang wajib kamu miliki jika menggunakan kendaraan roda dua sebagai alat transportasi sehari-hari.

Jas Hujan

Kamu wajib punya jas hujan jika mengandalkan sepeda motor sebagai moda transportasi utama untuk bepergian. Setidaknya kamu harus punya satu jas hujan jika sering berkendara sendirian. Tapi kalau kamu sering berboncengan, kamu wajib punya dua buah.

Manfaat raincoat tidak hanya untuk melindungi kamu agar tidak basah kuyup ketika berkendara saat hujan, melainkan:

1. Bermanfaat juga untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin yang berpotensi menyebabkan imun tubuh menurun dan menyebabkan kita mudah terserang penyakit seperti flu atau pilek serta sakit kepala.

2. Tidak hanya tubuh, raincoat model Ponco juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi barang yang kita bawa sehingga tidak terkena air hujan.

Perlengkapan Musim Hujan

Namun ingat, menggunakan raincoat model klasik yaitu model Ponco perlu dapat perhatian khusus. Pasalnya, bagian belakang dari raincoat ini biasanya bisa berkibar ditiup angin dan menutupi lampu bagian belakang motor.

Lampu belakang motor yang tertutup oleh raincoat berpotensi menyebabkan pengendara yang ada di belakang tidak melihat kita dengan jelas. Akibatnya kecelakaan bisa terjadi. Apalagi jika berkendara di malam hari ketika sedang hujan.

Maka, tak mengherankan apabila potensi terjadinya kecelakaan akan meningkat. Jadi, biasakan untuk menduduki atau meletakkan bagian belakang raincoat model Ponco bawah pantat agar tidak menutupi lampu, lampu sein, dan juga stop lamp (yang semuanya ada di bagian belakang).

Lengkapi diri dengan box motor

Salah satu penyebab mengapa kita sering melaju lebih kencang di saat musim hujan daripada ketika kondisi jalanan sedang kering adalah karena kita ingin cepat-cepat sampai di tujuan karena khawatir barang-barang bawaan kita basah dan rusak.

Agar tidak merasa was-was sehingga memaksa kamu untuk memacu kendaraan lebih cepat di saat hujan, saya menganjurkan kamu untuk membeli box motor yang dapat digunakan untuk menempatkan

barang-barang seperti smartphone atau benda elektronik lainnya sehingga tidak basah. Dengan cara ini kamu akan berkendara dengan tenang sehingga tidak terburu-buru.

Perlengkapan Musim Hujan

Pastikan kamu punya helm yang dilengkapi dengan visor atau kaca bening

Menggunakan helm yang kacanya gelap disaat hujan akan membuat jarak pandang kita jadi semakin terbatas. Mengingat, disaat biasa saja, jarak pandang kita di musim hujan sudah sangat dekat. Jika ditambah lagi dengan kondisi kaca yang gelap, maka jarak pandang bisa jadi lebih dekat lagi. Kondisi tersebut akan semakin parah jika kita berkendara di malam hari.

Sedangkan membuka kaca helm atau visor pada saat berkendara di bawah hujan, tentu saja sangat tidak nyaman dan berpotensi menyebabkan kita mudah sakit karena suhu udara pada saat kita melaju kencang sangat dingin.

Oleh sebab itu, saya sangat menganjurkan bagi kamu untuk membeli satu helm cadangan yang khusus digunakan pada saat musim hujan yaitu helm dengan visor yang bening.

Rekomendasi tempat membeli equipment motor

Jika kamu butuh jas hujan, box motor, atau mungkin helm, saya rekomendasikan kamu mencari di toko online. Online shop Bukalapak adalah pilihan olshop yang banyak menjual raincoat berkualitas dengan harga terjangkau, box motor maupun perlengkapan lainnya.

Menjelang akhir tahun seperti ini ketika musim hujan tiba, kita pasti membutuhkan banyak sekali perlengkapan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Untungnya, toko online seperti Bukalapak kerap menawarkan promo di akhir tahun. Sehingga kita bisa beli box motor, helm, raincoat, payung, tas anti air, hingga bag cover dengan harga yang jauh lebih murah karena diskon dan cashback yang mereka tawarkan biasanya cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: