Bisnis,  Lomba

Saatnya Bikin Resolusi Bisnis Tahun 2019 Dengan Mulai Berjualan Online

resolusi bisnis

Terlalu banyak penjual, apa mungkin barang yang saya jual akan laku? Lantas, kalau semuanya berjualan, apa mungkin pula bisa ada pembeli? Terus, saya harus berjualan apa?

Banyak yang masih bingung menentukan produk atau jasa apa yang ingin dijual. Bagaimana caranya berjualan online? Takut, kalau nanti justru tidak ada pembeli saat membuka bisnis. Takut, kalau-kalau nanti malah mengalami kerugian yang sangat banyak.

Saatnya Bikin Resolusi Bisnis Tahun 2019 Dengan Mulai Berjualan Online

Ketakutan-ketakutan dan kebingungan yang dialami oleh mereka yang ingin memulai bisnis online adalah hal yang wajar. Saya pun pernah mengalaminya, hingga saat ini. Tapi, setelah beberapa kali membaca buku-buku yang ditulis oleh Jaya YEA dan Dewa Eka Prayoga. Rasanya, kok seperti saya ini tidak percaya bahwa perihal rezeki ini sudah ada yang mengatur.

Jangankan kedua nama yang saya sebut tadi. Saya loh, bahkan membaca buku-buku Ustadz Yusuf Mansur yang membahas masalah menjadi pengusaha, berdagang dan amalan apa saja yang memang semestinya tidak ditinggal sampai akhir hayat. Semua buku saya telan, hingga saya mencapai satu kesimpulan yang membuat saya akhirnya tidak ragu untuk melangkah.

Ohiya, perkenalkan, saya Ipeh Alena, narablog ipehalena.com yang saat ini tengah dipercaya untuk menjadi sosial media marketing manajemen bela diri. Tugas saya sama seperti para pebisnis online lainnya, yaitu : mengenalkan tentang keberadaan manajemen bela diri, menjaring banyak pengikut di sosial media sampai mendatangkan banyak orang untuk belajar bela diri di tempat ini. Sama kan? Prinsipnya : Mengenalkan, Menjaring pengikut sampai Mendatangkan income dari apa yang kita jual baik itu produk ataupun jasa.

Kalau begitu, bagi Anda yang memang sedang membutuhkan setidaknya sedikit masukan atau mungkin ide yang cuma seujung kuku, silakan baca tulisan saya sampai selesai. Karena, ini hal yang saya lakukan sampai saat ini. Meski belum tampak WAH, tapi sudah menunjukkan kemajuan sedikit demi sedikit.

Memulai Bisnis Online Itu Sulit Karena Bingung Menentukan Apa Yang Ingin Dijual

Saya ingin flashback ke tahun 2009 dimana saya memulai bisnis online. Waktu itu saya dan sahabat saya sejak SMU memutuskan untuk berjualan Syal atau Scarf dengan merk sendiri yaitu Ritzy Glare. Sahabat saya ini sedang menyelesaikan kuliahnya dimana salah satu tugasnya, yah ini berjualan scarf dan membuat merknya sendiri. Karena berjualan online saat itu masih cukup jarang, sehingga sulit pula mendatangkan pelanggan yang mau percaya bertransaksi dengan toko online kami melalui facebook.

Mungkin saya termasuk yang beruntung karena dijejali produk tanpa harus berpikir ingin berjualan apa. Tapi, yang perlu digaris bawahi adalah bahwa sebenarnya kita bisa berjualan apapun yang baik dan tidak mendatangkan keburukan. Dengan satu prinsip yang harus dipegang : JUJUR. Walaupun kejujuran itu akan merugikan dan menyakitkan.

Baik, kalau begitu, jika masih bingung ingin berjualan apa, mungkin saya bisa membantu sedikit dari pengalaman saya yang di kemudian hari memutuskan berhenti berjualan produk online dan justru sekarang menjual jasa saya sebagai penulis dan fotografer amatir.

Baca Tentang “3 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pebisnis Online

Coba Cara Ini Kalau Masih Bingung Ingin Bisnis Online Seperti Apa

ide bisnis online
  • Pastikan Anda mengetahui apa yang Anda kuasai. Kalau semisalnya Anda cukup handal dalam bermake-up, kenapa tidak mencoba berjualan alat-alat make-up atau mungkin skincare. Karena, belakangan ini banyak pula produk asli Indonesia yang berkualitas bagus dan tengah mencari reseller yang mau menjual produk mereka.
  • Masih mentok dan belum tahu ingin berjualan apa? Coba kunjungi beberapa akun event Like For Like di Instagram, seperti @LFL_OnePiece atau @blessed.lfl. Di postingan mereka berisi daftar online shop yang menjajakan dagangan mereka. Mampir ke Instagram mereka satu persatu untuk mencari ide, kira-kira jualan apa yang cocok untuk Anda.
  • Bisa juga dengan eksplorasi akun-akun penjual di marketplace. Karena, dengan mencari tahu produk apa saja yang dijual, setidaknya bisa memberi gambaran seperti apa sebenarnya yang Anda ingin jual.

Baca Tentang “LFL Untuk Menaikkan Konversi Instagram

Ada dua pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha berdagang online. Yaitu dengan menjadi Reseller, menawarkan produk atau jasa pedagang lain. Atau dengan membuat produk atau jasa Anda sendiri. Silakan tentukan mana yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Jika memang sudah bulat tekad Anda untuk memulainya melalui produk yang sudah ada di tangan Anda, sebaiknya usaha Anda pun harus lebih besar sertakan pula komitmen yang kuat.

Sudah Tahu Apa Yang Ingin Dijual Tapi Bingung Ingin Mulai Darimana

Mulailah dari aplikasi sosial media yang Anda sering gunakan. Jujur pada diri Anda sendiri, jika memang senangnya pakai Facebook, ya sudah coba buka toko online Anda di Facebook. Kalau lebih nyaman di Instagram, silakan buka toko onlinenya di Instagram. Tapi, ada beberapa hal juga yang harus dilakukan untuk memulai buka toko online. Karena, ini menyangkut kepercayaan dari pelanggan.

Buka Toko Online Sekarang Tapi Ingat Beberapa Hal Ini

promosi bisnis online
  • Jika lebih nyaman menggunakan Instagram, pastikan foto-foto yang Anda unggah ke akun bisnis Anda memiliki tampilan yang menarik. Serta, perkuat juga dengan penggunaan hashtag yang sesuai dengan target penjualan. Jangan sampai jarang mengunggah foto, sehari wajib satu kali mengunggah foto. Kemudian, naikkan konversi akun Anda dengan mengikuti LFL atau Like for Like di Instagram. Ini cara yang bagus, karena Anda bisa berkenalan dengan pedagang online lainnya.
  • Kalau nyamannya menggunakan Facebook, saya menyarankan untuk menggunakan Fanpage sebagai etalase produk Anda. Ini hanya digunakan sebagai wadah informasi bahwa Anda menjual produk atau jasa tertentu. Untuk menaikkan konversi, jangan lupa juga gunakan hashtag, unggah artikel yang menarik dan bukan hoax dan perkenalkan dengan teman-teman Anda di Facebook pribadi. Juga, bisa menggunakan jasa iklan Facebook yang bisa digunakan mulai dari Rp 10.000.
  • Baik Instagram atau Fanpage, ini digunakan sebagai wadah promosi. Namun, saran saya tetaplah menggunakan media lain seperti Ralali.com sebagai tempat transaksi yang aman untuk calon pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan kredibilitas bisnis Anda dengan bantuan media ini.

Ketika Bisnis Online Sudah Jalan Tapi Tekad Untuk Berjuang Masih Lemah

kutipan bisnis

Jangan khawatir, jika anda sedang merasa lemah dan lesu karena sedang butuh semangat untuk menjalani bisnis online. Kenapa tidak mencoba untuk mencari tempat para pedagang online berkumpul? Dengan berkumpul bersama para pedagang, setidaknya ini bisa menjadi jalan keluar untuk memicu semangat agar tetap berkobar. 

Wajar jika mengalami kesulitan dalam berusaha atau justru seperti memasuki kondisi yang melelahkan sehingga ingin berhenti dan putus asa. Kalau begitu, silakan cek beberapa tempat yang cocok untuk mencari semangat baru dengan berkawan dengan para pedagang online yang lain. 

  • Coba bergabung di Facebook Ibu-ibu Doyan Bisnis atau ikuti akun Indari Mastuti. IIDB atau Ibu-ibu Doyan Bisnis memang diperuntukkan bagi semua perempuan, baik yang sudah menikah atau belum dan yang sudah punya anak atau belum, asalkan Anda adalah wanita maka bisa bergabung di grup IIDB. Bisa juga dengan mengikuti akun Indari Mastuti, karena beliau adalah founder dari IIDB ini dan sering membagikan tips bisnis di akunnya setiap hari.
  • Pengguna Telegram? Cek deh akun @haibolu di Instagram. Ini merupakan komunitas bagi mereka yang ingin berjualan online, loh. Sudah banyak yang ikutan. Juga ada kelas-kelas berbayar untuk belajar banyak hal yang sesuai dengan kemampuan yang Anda butuhkan.
  • Bisa juga dengan bergabung bersama komunitas Tangan Di Atas. Di sini, banyak banget pengusaha yang berkumpul dan membuat kegiatan menarik. Entah itu kegiatan sosial sampai workshop yang bermanfaat bagi Anda. Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa ikutan di beberapa event offline seperti Pesta Wirausaha yang kerap diadakan setiap tahun. Untuk informasinya bisa langsung kunjungi website tangandiatas.com.

Penutup

Waktu awal-awal memulai bisnis online, saya juga mengalami apa yang ditakutkan oleh banyak orang lainnya. Bahkan, ketika berganti jalur pun saya masih merasakan ketakutan tersebut. Bahkan, kalau dipikir-pikir, terkadang ketakutan ini juga masih suka datang menyapa. Tapi, semua bisa teratasi dengan kembali membaca tulisan saya sendiri di jurnal yang berisi alasan kenapa saya memulai berjualan online.

Tentunya, ketika berjualan online jangan sampai berhenti sampai di menjual produk online saja. Tapi, harus juga mengasah kemampuan dalam mengatur keuangan. Bisa dengan mengikuti beberapa akun para konsultan keuangan yang sering berbagi informasi mengenai cara mengelola pendapatan dari bisnis online. Jangan lupa juga untuk terus update dengan informasi seputar keuangan dan investasi. Terutama, permasalahan pajak yang akan dikenakan ke semua pebisnis online.

Karena, informasi yang seperti ini sangat berguna agar ke depannya nanti usaha online yang dijalani tidak mengalami kendala. Apalagi kalau sampai dipersulit karena ketidak-tahuan kita. Jadi, jangan sampai kurang update aka kudet ketika sudah menjalani bisnis online ini.

Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat.

Anda punya produk atau jasa yang dipasarkan secara online? Kira-kira kesulitan seperti apa yang tengah dialami dan apakah sudah mendapat solusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: