Mengapa Berobat ke Luar Negeri?

rumah sakit penang

Apa alasan orang berobat ke luar negeri? Itu adalah hal pertama yang pernah terlintas di kepala saya. Ketika mendiang Chrisye berobat ke luar negeri. Tak hanya artis legendaris tersebut, tapi banyak pula sederetan artis yang berobat ke luar negeri. Saya pikir, ini hanya untuk para artis dan pejabat saja. Ternyata, beberapa kerabat saya juga ada yang berobat ke luar negeri.

Alasannya cukup sederhana. Kenyamanan. Bukan saja rasa nyaman dan percaya yang hadir dalam diri pasien. Tapi, juga bagi keluarga mereka. Membuat keputusan mengenai tempat berobat bukan perkara mudah. Meski sebagian pasien ada yang tidak masalah menjalani perawatan di tempat tertentu dengan dokter tertentu. Namun, jika ada kendala yang membuat pasien dan keluarganya kurang nyaman. Tentu ini bisa menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan. Karena itulah, bukan hal yang buruk jika ada pasien dan keluarganya yang memutuskan untuk berobat ke luar negeri.

Sebuah Bentuk Usaha Pasien Dan Keluarganya

Bagi saya pribadi, berobat ke luar negeri tetaplah bentuk usaha pasien dan keluarganya. Sebuah usaha demi mengiringi doa-doa yang mereka panjatkan pada Sang Maha Pencipta. Dengan begitu, apa yang mereka usahakan bukan semata-mata karena gengsi atau apapun itu. Tapi, karena menginginkan segala hal yang terbaik untuk pasien. Saya juga pernah mengalaminya, ketika memutuskan untuk membawa Mamah berobat di Surabaya. Dengan alasan, semua keluarga mamah memang tinggal di sana. Rasa Nyaman inilah yang terkadang tidak disadari banyak orang.

Ada banyak rumah sakit pemerintah dan swasta di tanah air, tapi tetap tak mengurungkan niat sebagian orang untuk melakukan pengobatan di luar negeri. Buktinya, tiap tahun ada 500.000 pasien Indonesia yang berobat ke Malaysia menurut data dari Malaysia Healthcare Travel Council. Sementara menurut National Health Care Group International Business Development Unit (NHG-IBDU) Singapura, dari 50% pasien internasional yang berobat ke Singapura merupakan pasien asal Indonesia. Tentunya hak bagi setiap orang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik agar bisa mempercepat proses pemulihan dan memperpanjang harapan hidupnya. Jika bagi mereka RS di luar negeri mampu memberikan pelayanan kesehatan yang memuaskan dan memberikan rasa nyaman, kenapa tidak?

dokter malaysia

Selain rasa nyaman yang tadi saya sebutkan. Ada juga yang memberikan pertimbangan mengapa berobat ke luar negeri.

Alasan Utama Berobat ke Luar Negeri

  • Biaya berobat yang terjangkau

Biaya berobat keluar Malaysia ternyata kurang lebih sama dengan di Indonesia. Hal ini membuat pasien asal Indonesia tidak keberatan jauh-jauh terbang dan berobat kemari bisa hanya untuk sekedar cari second opinion atau bahkan untuk operas

Seperti teman saya yang tinggal di pulau Kalimantan. Sewaktu dirinya bercerita mengenai masalah kesehatan yang diderita suaminya. Beliau memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit di Malaysia. Alasannya? Lebih murah. Kok bisa? Iya, karena tiket pesawat ke Malaysia baginya lebih murah dibanding tiket ke Jakarta.

  • Peralatan medis yang canggih

Bukan berarti rumah sakit di Indonesia belum memiliki teknologi yang canggih, ya. Dokter dan rumah sakit yang profesional di Indonesia memang banyak. Tapi, membedakan mana rumah sakit yang profesional dengan yang tidak, ini yang sedikit sulit.

Saya pernah mengalaminya ketika beberapa kali memeriksakan Mamah di rumah sakit di Bekasi. Hasilnya sama, yaitu Mamah terkena Osteoporosis. Tapi, ketika dibawa ke rumah sakit di Surabaya, ternyata Mamah memiliki kanker getah bening dan sudah masuk stadium empat. Siapa yang bisa saya salahkan kalau begini?

Untuk itulah, terkadang pilihan berobat ke luar negeri pun tidak bisa disalahkan. Beberapa orang punya keyakinan besar kalau berobat di luar negeri akan menghasilkan kemajuan dan diagnosa yang sesuai. Dengan ditunjang peralatan medis yang mutakhir, pengobatan yang dilakukan pun jadi lebih optimal, tak menimbulkan trauma serta bisa sembuh lebih cepat.

  • Dokter yang komunikatif

Dokter yang enak diajak bicara, mau mendengarkan keluhan pasien, dan dapat menyampaikan kondisi (penyakit red.) yang diderita pasien dengan jelas merupakan alasan penting mengapa pasien Indonesia rela jauh-jauh berobat keluar negeri. Memang tidak semua dokter baik di Malaysia dan Singapura komunikatif tapi sebagian besar mereka paham pentingnya hal ini.

Selain itu, banyak dari pasien yang berobat ke luar negeri membutuhkan pendapat kedua. Jadi, sebelum mereka pergi ke luar negeri, tentunya mereka sudah mencari informasi mengenai penyakit hingga dokter serta pengobatan yang sesuai. Karena, mendapat dokter yang komunikatif terhadap pasien dan keluarga merupakan kelebihan yang mendatangkan rasa nyaman.

Medical check up

Medical Check up Sambil Jalan-jalan

5 tahun belakangan trend orang Indonesia keluar negeri untuk cek up semakin tinggi karena kesempatan ini biasanya digunakan sekalian jalan-jalan di sana.

Biasanya hal ini terjadi saat liburan anak sekolah, puncaknya pada bulan Mei hingga awal Juli dan Desember akhir. Oleh karena tingginya peminat, pastikan Anda sudah booking slot medical check up jauh-jauh hari agar Anda bisa tenang saat sampai di tujuan. Untuk hal ini Anda bisa minta bantuan tim Medisata.

Siapa Medisata?

Medisata (https://www.medisata.com) merupakan kantor perwakilan dari rumah sakit Malaysia dan Singapura. Mereka dapat membantu segala keperluan berobat di sana, seperti :

1. Cari Rumah Sakit & dokter yang sesuai keluhan. Tiap rumah sakit punya keunggulan tertentu, Medisata dapat membantu merekomendasikan rumah sakit dan dokter mana yang tepat yang dapat menangani keluhan pasien.

2. Cek jadwal & buat appointment. Agar sampai di sana nanti pasien pasti bertemu dengan dokter yang dituju.

3. Book slot cek up. Rumah sakit umumnya hanya punya 20 – 30 slot cek up tiap harinya. Tim di Medisata dapat membantu Anda mem-booking slot cek up di tanggal pasien mau cek up agar pasti dapat slot.

4. Pesan hotel dekat Rumah Sakit. Dapatkan rekomendasi hotel yang terjangkau atau hotel yang dekat dengan rumah sakit tempat Anda berobat nanti.

Jadi, jika Anda membutuhkan second opinion mengenai penyakit yang sedang diderita Anda atau keluarga terdekat Anda. Dan hendak berobat ke luar negeri, silakan gunakan jasa penyedia layanan berobat ke luar negeri seperti Medisata. Dengan harapan semoga penyakit Anda atau keluarga Anda bisa lekas pulih dan bisa kembali beraktivitas.

Written by

Blogger – Reader – Writer – Amateur Photographer – Reviewer – Buzzer For more information about me kindly please visit this link : About on Top Menu. Bussiness Inquiry or more information please send your email to : ipehalena@gmail.com .

2 comments / Add your comment below

Leave a Reply

%d bloggers like this: