Blogger Jogja Yang Gemar Travelling

blogger jogja

Blogger Jogja Yang Gemar Travelling. Jika berbicara masalah Yogyakarta, tidak akan ada habisnya. Meski tidak lama menjejakkan kaki di Yogyakarta, tapi tetap saja, ada kenangan dan rasa ingin kembali lagi ke tempat itu. Pantas saja nyanyian merdu dari Katon Bagaskara dan Grup Kla menyenandungkan bagaimana suasana di Yogyakarta, selalu dirindukan dan membuat nyaman.

Kesan pertama kali ketika saya mampir ke kota ini. Yaitu keramahan yang tidak dibuat-buat oleh seluruh masyarakatnya. Tidak ada nyaring klakson mobil atau motor yang terus berbunyi ketika saya mengunjungi kawasan Malioboro. Tampaknya semua orang yang singgah, langasung melebur dengan seluruh elemen budaya dan kebiasaan yang ada di sana.

Jika ingin berkunjung ke Yogyakarta, atau sedang tinggal di Yogyakarta, jangan lupa untuk berkenalan juga dengan sosok Blogger Jogja yang memiliki nama Primastuti Satrianto. Sering dipanggil Manda, jika mampir ke rumah mayanya di Cerita Manda, kita bisa mengetahui seberapa rajinnya beliau menulis. Isi blognya jarang sekali sepi, setiap hari atau beberapa hari selalu ada postingan terbaru yang menunjukkan ketekunan dan kesungguhannya dalam mengelola blog.

Selain itu, kalau berbicara masalah travelling, Mba Ima juga memiliki blog khusus yang mengisahkan tentang jejak travelnya juga jejak wisata kulinernya. Jadi, jika ingin tahu tempat-tempat yang menyajikan makanan yang enak, bisa cek di blog Wisata dan Kuliner. Karena sesungguhnya, jalan-jalan dan wisata kuliner merupakan hal yang sulit untuk dipisahkan. Jadi, blog Mba Ima yang bertemakan jalan dan makan memang sudah klop dan isinya menyesuaikan niche dari tema blognya.

Tentang Tampilan Blog 

Ada beberapa yang memang ternyata sedikit ingin saya bahas di sini. Jika mengacu pada ilmu yang sudah saya dapat dari materi Mba Shinta Ries terkait tampilan blog. Saya ingin memberi masukan untuk beberapa blog yang dikelola oleh Mba Ima.

1. Background Blog

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, melalui Materi yang saya dapat dari Fun Blogging, bahwasannya, pemilihan background pada blog agar tampak profesional disarankan memilih warna putih sekitar 70%. Penggunaan background hitam dengan warna huruf berwarna kuning sangat tidak disarankan, karena akan membuat tampilan blog menjadi sangat mengganggu dan tidak membuat pengunjung betah.

Jadi, jikalau berkenan mba Ima bisa memilah template yang memiliki latar berwarna putih dan bersih.

2. Common Read Style

Ini maksudnya adalah pemilihan template baik dari letak sidebar, body maupun header. Dengan menerapkan kebiasaan pengunjung membaca blog agar nyaman, maka sebaiknya menggunakan template yang sederhana dan minimalis. Header dengan ukuran 200px maksimal, body terletak di sebelah kiri dan sidebar terletak di sebelah kanan.

Di blog Wisata dan Kuliner, mba Ima menggunakan Layout 3 part, yaitu sidebar kanan – body – sidebar kiri. Tentunya ini kurang mengikuti prinsip dari blog minimalis.

3. Contact Information

Sebaiknya sediakan laman khusus yang berisi cara menghubungi empunya blog. Bisa menggunakan informasi tertulis, atau menggunakan form khusus seperti contact form. Ini bertujuan agar pengunjung atau Brand yang ingin mengajukan kerja sama bisa langsung menghubungi tanpa kebingungan.

Pada blog Cerita Manda, saya belum menemukan laman khusus untuk informasi kontak, pun sebenarnya pada blog Wisatan dan Kuliner. Meski, kalau dilihat seksama, akan bisa dilihat pada header sudah tercantum alamat email dan informasi kontak lainnya. Mungkin ada baiknya untuk membenahi sehingga laman khusus kontak bisa dibuat terpisah dalam satu blog.

4. Menu Navigasi

Selain laman khusus kontak, mungkin ada baiknya pada blog Cerita Manda, Wisata dan Kuliner juga Zona Fotografi memuat menu untuk tujuan agar pengunjung mudah dalam mencari artikel-artikel yang diinginkan. Tidak hanya memuat blog yang terkait, tapi juga memberi menu pada beberapa tag yang sesuai dengan postingan blog.

5. Disclosure

Kalau saya lihat lagi, isi tulisan Mba Ima sering berisi paid review, jika memang sudah bisa mengkondisikan blog sehingga bisa dimonetisasi, ada baiknya untuk mencantumkan laman Disclosure. Ini juga sesuai dengan tips menulis dari Mba Haya Aliya, terkait keterbukaan dalam menulis tulisan berbayar.

Pun Disclosure ini sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh Google pada narablog agar blognya tidak memberi kesan buruk.

6. About NaraBlog

Betul, siapa sih yang tidak penasaran ketika berkunjung ke suatu blog? Biasanya banyak juga pengunjung yang penasaran siapa penulis blog tersebut. Nah, karena di blog Cerita Manda dan Wisata Kuliner belum saya temukan laman khusus terkait jati diri empunya blog. Sebaiknya Mba Ima mulai menuliskan, secara deskriptif siapa empunya blog tersebut. Jadi, pengunjung juga bisa mengenal dengan baik, dan jika ada Brand atau Agency yang tertarik bisa langsung mengetahui, siapa orang yang akan diajak bekerja sama, juga tema apa yang sesuai dengan blog tersebut.

oo00oo

Meski saya sok-sokkan memberi masukan pada tampilan layout blog mba Ima, bukan berarti blog saya sudah mendekati sempurna. Mendekati saja belum, apalagi bagus dan sesuai. Sama-sama masih belajar, tapi bagi saya ilmu yang sudah saya dapat, kalau tidak dibagikan rasanya akan sia-sia saja. Itulah mengapa saya juga memberi masukan agar tampilan blog Mba Ima bisa sesuai dengan kriteria blogger profesional.

Selain itu, juga diharapkan Mba Ima bisa menampilkan label atau tag pada setiap postingan. Misalnya pada postingan Tips Menggunakan Model Hijab, apakah postingan ini berbayar, apakah postingan ini berisi pengalaman atau tips dan trik. Karena lebih enak ketika mengunjungi blog yang menampilkan spesifikasi tulisannya. 

Untuk tulisan, Mba Ima harus semangat lagi nih, agar bisa menambah tulisannya biar bisa masuk ke dalam kategori minimal. Karena untuk SEO On Page, baiknya tulisan dalam satu postingan berisi 350 kata. Ini sudah paling minimal. Kalau ingin mendatangkan trafik yang organic, maka tulisan yang dimuat berisi sekitar 1285 kata. 

Ketika blog sudah dimonetisasi dengan baik, maka untuk pengelolaan pada blog tersebut baiknya juga optimal. Agar brand/agency yang mengajak kerja sama semakin senang. Juga, mba Ima bisa menunjukkan kredibilitasnya sebagai blogger profesional tidak main-main.

Monetisasi Blog

Seperti yang sudah saya singgung di atas, mba Ima sudah sukses memonetisasi blognya. Sehingga saya perhatikan banyak sekali tulisan yang mengacu pada beberapa website agency atau brand. Mungkin, bagi beberapa blogger pemula seperti saya, rasanya memonetisasi blog itu butuh perjuangan keras. Tidak demikian dengan mba Ima, beliau sudah membuktikan bahwa monetisasi blog bukan hal yang sulit, memang dibutuhkan usaha yang keras, juga optimal dalam menulis. Tapi, bukan tidak mungkin seorang blogger pemula bisa mendapatkan pekerjaan melalui menulis.

Sanggahan ini dibuktikan melalui blog Cerita Manda. Bagi yang ingin juga mengetahui seperti apa lingkungan mba Ima sehingga bisa membentuk dirinya demikian sukses seperti ini? Tentunya berkat beberapa teman sesama bloggernya juga yang sering mendukung dirinya agar bisa sukses. Untuk urusan Networking aka pergaulan, saya bisa melihat pergaulan mba Ima ini luas. Tidak memilah dan memilih teman, dalam bertetangga pun beliau tidak memilih. Siapa saja akan menjadi temannya, tidak pandang bulu, ras atau suku.

Beberapa kali melihat aktivitasnya pun ini menunjukkan seperti apa loyalitas mba Ima sebagai blogger. Beliau sering mengikuti event-event yang diadakan di Yogyakarta. Di sini bisa dicontoh, bagi yang ingin menambah teman atau lingkup dalam dunia blogger, harus aktif mengikuti acara-acara yang diadakan di komunitas yang diikuti. Ini berguna untuk mempererat persaudaraan sesama blogger juga mendapat teman baru juga. Dengan begitu, selain skill menulis yang dioptimalkan, networking juga harus disesuaikan. Agar lingkup pertemanan semakin beragam.

oo00oo

Demikianlah tulisan saya tentang Mba Primastuti aka Manda aka Mba Ima. Bagi pembaca yang ingin berbagi pengalamannya mengenal Mba Ima secara langsung, atau melalui dunia maya. Atau ingin juga berbagi pengalaman ketika mendapat manfaat dari tulisannya. Silakan tuliskan di kolom komentar. Terima kasih :).

Informasi Blog Primastuti Satrianto

Blog Wisata Kuliner  : http://www.tamasyaku.com/

Blog Cerita Manda : http://www.ceritamanda.com/

Facebook : https://www.facebook.com/primastuti.suryani

Twitter : @ImaSatrianto 

Written by

Blogger – Reader – Writer – Amateur Photographer – Reviewer – Buzzer For more information about me kindly please visit this link : About on Top Menu. Bussiness Inquiry or more information please send your email to : ipehalena@gmail.com .

Leave a Reply

%d bloggers like this: