Cara Mengedit Foto Agar Tampak Cerah Dan Tajam Dengan Aplikasi Snapseed

snapseed apps

Belakangan ini, di Bekasi mulai sering turun hujan. Terutama saat menjelang siang hari. Akibatnya, suasana menjadi tampak remang-reman, kelabu seperti hampir senja. Efek gloomy ini memang cocok untuk bermalas-malasan, tapi justru membuat kualitas pencahayaan saat motret menjadi kurang. Cenderung menghasilkan foto yang gelap bahkan terkadang keabu-abuan.

Untuk mengatasi kualitas foto yang kurang pencahayaan, jika memang ingin mendapat hasil foto yang cerah dan tajam. Bisa menggunakan aplikasi Snapseed. Meski cuaca mendung juga bagus untuk tema Dark Photography, tapi bagi saya yang masih menyukai foto yang cerah, aplikasi ini sangat bisa membantu.

Sebelum mengunggah foto ke Instagram, saya memang membiasakan untuk sedikit menambah tampilan yang cerah, meski sedikit. Bahkan kalau cuaca sedang bersinar ceria, saya tidak perlu menambahkan apa-apa, cukup memberikan watermark pada foto.

Meningkatkan Kualitas Pencahayaan Dan Ketajaman Dengan Aplikasi Snapseed

1. Buka aplikasi Snapseed yang sudah terpasang di handphone Anda. Jika belum memiliki aplikasi ini, silakan mengunduhnya di Play Store.

2. Setelah itu, pilih foto dengan menekan tombol ‘ + ‘ pada layar. Pilih foto yang akan diedit sekali kali hingga muncul foto di layar.

basic editing snapseed


3. Pada menu di bagian bawah layar terdapat 3 menu utama aplikasi Snapseed : Style – Tools – ExportPilih menu Tools.

basic editing snapseed

Pilihan seperti Potrait, Smooth, Pop, Accentuate : merupakan filter yang bisa dipilih sesuai keinginan. Tapi, saya jarang menggunakan filter ini, karena lebih nyaman mengeditnya sendiri.

4. Setelah itu akan muncul ragam menu seperti di bawah ini. Pilih Tune Image.

basic editing snapseed

5. Pada Tune Image ada banyak pilihan yang bisa Anda eksplorasi. Kalau saya, lebih sering menggunakan Brightness, Saturation, Ambiance dan Highlights. Namun untuk kasus foto yang ingin saya edit kali ini, saya hanya memilih Brightness, Ambiance dan Saturation.

Jika memilih salah satu pada menu di atas, pada bagian atas layar akan muncul skala meter yang bisa Anda geser. Dengan menaikkan/menurunkan skala ini Anda bisa melihat perbedaannya. Saya mengatur Brightness sebanyak + 50 , Ambiance + 10 dan Saturation + 11. Jika sudah selesai tekan tanda centang pada bagian bawah layar sebelah kanan.

basic editing snapseed
basic editing snapseed

6.  Kemudian saya akan kembali ke Menu Utama Tools dan memilih menu Details. Setelah masuk ke menu Details, akan muncul dua pilihan seperti di bawah ini. Saya memilih Sharpening dan mengaturnya hingga 100. Jangan lupa untuk menyimpan edit terbaru dengan menekan tombol centang di bagian kanan bawah.

basic editing snapseed
magic spell

7. Sebelum selesai, saya tidak lupa untuk menambahkan watermark pada foto. Caranya dengan masuk ke Menu Utama Tools kemudian pilih ke menu bagian bawah yaitu Teks. Ketuk pada bagian gambar dan masukkan tulisan sesuai yang Anda inginkan. Setelah selesai tekan tombol OK kemudian tanda centang di bagian kanan bawah layar.

watermark

8. Jika sudah selesai dan ingin menyimpan gambar yang sudah di-edit. Pilih Menu Utama Export kemudian pilih SAVE.

save photo

Kalau sudah selesai, foto akan tersimpan otomatis pada folder khusus : Snapseed. Bagi pengguna Xiaomi, jika tidak muncul di gallery Photos, bisa memilih menu bagian atas Offline. Foto akan tersimpan dalam folder bernama Snapseed. Ini hasil akhirnya setelah di-edit.

bookstagram

Bagaimana? Semoga penjelasan saya mudah diikuti, ya. Dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba :). [Ipeh Alena]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *