How To Create Template Video For Instagram

Canva Apps

Seperti hal-hal biasa lainnya, mengunggah foto dan video ke Instagram adalah hal yang mudah. Tapi, bagaimana cara membuat template sendiri untuk latar video di Instagram?

How To Create Template Video For Instagram

Semalam, saya berusaha mengulik aplikasi Canva di gawai pintar. Mencari cara untuk membuat template yang sederhana dan mudah. Tujuannya untuk saya gunakan sebagai latar video yang akan saya unggah ke Instagram. Agar video yang saya unggah, bukan hanya memiliki watermark tapi juga informasi tentang asal dari video tersebut. Kebetulan, saya sedang diminta untuk membantu optimasi kanal sosial sebuah manajemen beladiri yang ada di Bekasi.

Berawal dari rasa penasaran, bagaimana cara membuat template untuk video di Instagram. Apalagi, kalau bisa dipraktekkan dan mudah digunakan. Pastinya bisa mempermudah untuk ke depannya membantu proyek yang sedang saya kerjakan bersama beberapa teman ini. Untuk pembuatannya, saya baru mengetahui cara ini. Yaitu dengan menggunakan dua aplikasi.

Aplikasi pertama menggunakan Canva untuk membuat template backgroundnya. Dan aplikasi kedua untuk menggabungkan video dan templatenya serta memotong durasi video agar bisa diunggah ke Instagram. Sekarang, saya akan membagikan langkah-langkahnya dari awal, ya.


Canva Apps – Membuat Template Background Untuk Video Dengan Canva

Sebelum memulai, pastikan di gawai Anda sudah terpasang aplikasi Canva. Kalau belum, bisa menggunakannya melalui browser dengan menggunakan laptop

1. Jalankan aplikasi Canva.

2. Pilih desain untuk Instagram dan pilih Blank canvas untuk membuat template baru.

3. Pilih foto latar yang diinginkan dengan menekan tombol (+). Dan posisikan sesuai selera.

4. Jika ingin menyematkan informasi mengenai Instagram atau Fanpage, tekan tombol (+) kemudian pilih Graphic. Di kotak pencarian, silakan ketik Instagram untuk mencari logonya atau Facebook. Setelah itu bisa tambahkan (+) Text untuk menuliskan nama akunnya.

5. Kalau sudah selesai, jangan lupa tekan tomobol panah yang berada di kanan atas untuk menyimpan (Save).

Template Video Instagram

Menggabungkan Template Latar Dengan Video Menggunakan Inshot

Pastikan juga untuk mengunduh aplikasi Inshot ini di Playstore bagi pengguna Android. Setelah terpasang, silakan ikuti cara-cara di bawah ini.

1. Jalankan aplikasi Inshot.

2. Pilih menu Video pada menu utama. Kemudian pilih New.

3. Pilih Video mana yang ingin Anda gunakan. Setelah dipilih akan arahkan ke editor.

4. Di bagian editor ini, pilih Trim terlebih dahulu untuk mengedit video yang akan diunggah. Pastikan durasinya tidak lebih dari 2 menit. Karena, unggahan untuk Instagram terbatas.

5. Setelah selesai di Trim, barulah pilih menu Background kemudian pilih menu Picture (gambar) dan pilih gambar yang ada di dalam folder Canva. Lalu pilih kualitas gambar yang jelas atau non blur. Setelah itu pilih Save di pojok kanan atas. Saya pilih kualitas video 720P.

***

Ini hasil yang sudah selesai. Memang cukup sederhana, sih. Tapi, mudah digunakan untuk mereka yang punya usaha online shop dan butuh aplikasi yang bisa digunakan di gawai. Kalau sudah masuk ke profesional, nantinya bisa belajar lagi dengan menggunakan aplikasi Photosop di laptop. Sejauh ini, dua aplikasi yang saya pakai seperti Canva dan Inshot memang cukup membantu. Apalagi menunya cukup user friendly.

Bagi yang ingin menghilangkan watermark dari Inshot, bisa membayar sebesar 41.000 melalui aplikasinya. Sementara untuk menggunakan Canva, sebisa mungkin gunakan gambar yang Anda miliki atau gambar yang tersedia di Canva tapi yang berlabel Gratis. Kenapa? Karena, sebagai orang yang senang melihat gambar, terkadang saya merasa terganggu dengan pemilihan gambar watermark Canva yang dipakai oleh beberapa orang.

Kalau bisa menggunakan gambar gratis tanpa watermark, kenapa enggak? Apalagi kalau bisa beli sendiri, otomatis watermark dari Canva-nya akan hilang. Pun berlaku untuk beberapa Graphic yang digunakan, pilihnya yang gratis saja agar memudahkan. [Ipeh Alena]

Written by

Blogger – Reader – Writer – Amateur Photographer – Reviewer – Buzzer For more information about me kindly please visit this link : About on Top Menu. Bussiness Inquiry or more information please send your email to : ipehalena@gmail.com .

Leave a Reply

%d bloggers like this: