Cara Cegah Kanker Payudara Dan Penanganannya

Apa hubungannya antara perokok aktif dengan kanker payudara? Pertanyaan ini terbesit usai mendengar tetangga saya menceritakan tentang saudarinya. Ia menerima telpon kalau kakak perempuannya mengalami pendarahan. Setelah hari sebelumnya menjalani operasi pengangkatan payudara. 

Tubuh wanita itu gemuk. Perokok aktif. Pernah menyeritakan pada sang adik mengenai benjolan yang ada di payudaranya. Namun, ia berpikir kalau itu hanya benjolan biasa. Tidak ada kecurigaan apalagi penanganan khusus

Tak lama kemudian, benjolan tersebut sudah terindikasi. Sebuah tumor yang kemudian merambat menjadi kanker payudara yang menggerogoti tubuhnya. Hingga harus mendapat penanganan medis. 

Kanker Payudara Dan Perokok Aktif

Saat Mamah koma usai mendapat kemoterapi keempat. Dokter banyak memberikan penjelasan pada kami. Salah satu pertanyaan yang jawabannya baru saya tahu. Bahwa, kanker tidak diketahui penyebab pasti. Hanya diketahui gejala hingga cara pencegahannya. 

Di Indonesia sendiri, mengalami penurunan jumlah kematian akibat kanker payudara. Cukup signifikan karena banyak metode yang sudah canggih dalam pendeteksian kanker ini. Seperti kisah dari tetangga saya. Yang sudah teridentifikasi saat masih stadium awal. 

Lantas, apa kaitannya dengan perokok aktif? Bukankah kanker payudara tidak ada hubungannya dengan rokok? Ternyata, benjolan tumor yang pada mulanya masih berukuran kecil. Terangsang oleh zat kimia yang berada dalam rokok. Sehingga, benjolan tersebut terus tumbuh hingga penanganan serius harus dilakukan. 

Penanganan Dan Pencegahan Kanker Payudara

Karena tidak diketahui dengan pasti penyebab kanker bisa menjadi ganas. Tenaga medis di Indonesia selalu berusaha memberikan edukasi pada masyarakat. Dengan melakukan pencegahan. 

Apalagi bagi yang sudah teridentifikasi tumor atau paska operasi kanker. Tentu ada penanganan yang harus dilalui agar sel-sel dalam tubuh kembali normal. Apa saja yang harus dilakukan untuk pencegahan dan penanganan kanker payudara? 

Saya menuliskan ini berdasarkan riset serta pengalaman menemani Mamah paska operasi pengangkatan rahim setelah diidentifikasi Kanker Getah Bening. 

Kembali Ke Gaya Hidup Sehat

Ini sih ya memang sudah sering kita dengar. Mau itu penyakit ringan hingga berat. Tentu, pencegahannya yaitu untuk kembali gaya hidup sehat. 

Dari mulai memilih makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. Porsi antara protein, karbohidrat, serat yang seimbang. Sampai olahraga yang teratur. 

Apalagi, belakangan ini penerapan Gaya Hidup Sehat dan Aktif tengah digalakan. Didukung juga oleh pemerintah. Sampai, tema gaya hidup sehat dan aktif ini menjadi tren yang sedang diminati masyarakat Indonesia. 

Dari pengalaman menemani Mamah dari saat diidentifikasi kanker stadium lanjut. Hingga menjalani operasi besar. Saya jadi mulai mengurangi banyak makanan yang tidak sehat. Meski masih sering nakal, tapi setidaknya sudah agak berbeda jika dibanding sebelumnya. Tinggal belajar konsisten saja. 

Kenali Organ Tubuh Kita

Payudara memang tak hanya dimiliki oleh wanita. Pria juga punya payudara. Karena itu, kanker payudara juga rentan dialami oleh pria. Tapi, kasus yang banyak terjadi memang dialami oleh wanita. 

Sebagai wanita, sudah saatnya kita memahami organ tubuh kita. Jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa. Seperti ketika ukuran payudara tampak berubah ukurannya. Atau terasa ada benjolan yang terasa di payudara. Kita bisa langsung memeriksakan langsung ke dokter terdekat. 

Lakukan Pemeriksaan Saat Ada Indikasi

Jika ada keanehan. Sebaiknya pembaca langsung menjalani prosedur. Jangan sampai ditunda. Karena, memang sering saya menghadapi orang yang sudah terdeteksi kanker sejak dini. Tapi, karena rasa takut yang besar. Akhirnya, menunda prosedur penanganan. Sehingga, membuat sel kanker semakin berkembang tanpa mendapat penanganan yang tepat.

Konsumsi Protein Tinggi Yang Sehat

Ini pengalaman usai Mamah menjalani operasi besar. Dokter menyarankan agar Mamah mengonsumsi ikan berprotein tinggi. Agar luka operasinya bisa cepat kering. Dan pemulihannya bisa lebih cepat. Karena itu, ikan yang dipilih pun bukan sembarangan. Yaitu, konsumsi ikan salmon yang tidak digoreng dengan minyak biasa. Tapi, digoreng dengan minyak sayur. Bisa juga diolah seperti dikukus. Tapi, tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan masih segar seperti pada hidangan sushi. 

Lakukan Cek Rutin Dan Perencanaan Yang Tepat

Usai menjalani operasi besar, total biaya yang habis mencapai 450 juta. Jumlah yang tidak biasa. Itu pun belum termasuk biaya usai operasi. Seperti biaya cek rutin. Biaya makanan dan vitamin yang harganya cukup bikin kaget. Tapi, angka besar itu bikin saya dan keluarga bisa bernapas lega karena biaya dicover oleh asuransi. 

Kanker, stroke sampai penyakit jantung merupakan penyakit kritis yang umum terjadi di Indonesia. Karena itu, bagi pembaca yang ingin melakukan pencegahan sejak dini. Ada baiknya juga mempersiapkan diri untuk hal terburuk. Dengan memiliki asuransi Flexi Critical Illness, yang mengkhususkan pada perlindungan pasien saat terindikasi penyakit kritis. 

Perencanaan Keuangan Yang Baik

Sekarang ini, anak-anak milenial semestinya sudah diberikan wawasan mengenai literasi keuangan. Kalau zaman dahulu, asuransi khusus seperti asuransi jiwa belum banyak dikenal. Karena, kebanyakan masyarakat zaman dulu masih memiliki aset investasi yang nilainya tinggi. Entah itu berupa emas, tambak, tanah sampai kontrakan.

Kalau sekarang? Gaya hidup dan minimnya pengetahuan mengenai keuangan dan investasi. Membuat banyak generasi milenial bahkan tidak memiliki kesadaran akan pentingnya perencanaan kondisi terburuk. Padahal, angka pasien penyakit kritis di Indonesia semakin melonjak. Sudah waktunya bagi generasi milenial memiliki Asuransi jiwa fleksibel

Seperti Asuransi Astra Life yang lebih fleksibel karena memberi kemudahan bagi nasabah untuk menentukan sendiri jumlah premi yang akan dibayar. Dengan perhitungan premi yang dibayar sesuai resiko saat mendaftar. Asuransi penyakit kritis ini bahkan bisa dibayarkan per bulan, per 3 bulan, per 6 bulan, atau per tahun. 

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Flexi Life adalah jumlah premi yang harus dibayar per-bulan bisa diubah secara online. Begini, sebagai contoh semisalnya pembaca ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Otomatis membutuhkan biaya juga untuk pendidikan. Jika dirasa premi yang dibayar per-bulan terasa berat. Bisa diturunkan sesuai kebutuhan dan kemampuan secara online. Jadi, pembaca tidak akan terbebani dengan pengeluaran per-bulan dan tetap bisa melanjutkan pendidikan. 

Saya Sudah Mendaftar Sebagai Nasabah Untuk Perencanaan Kemungkinan Terburuk

Belajar dari pengalaman yang merupakan guru terbaik. Saya tak hanya mulai menerapkan gaya hidup sehat sampai mengurangi beban stress dengan giat olahraga. Tapi, juga menjadi nasabah asuransi jiwa khusus penyakit kritis. 

Kanker payudara

Apalagi setelah melihat betapa banyak kemudahan yang Mamah dapat saat sakit kemarin. Membuat saya tersadar hingga akhirnya membeli premi asuransi yang benar-benar fleksibel dan tidak memberatkan secara online. Saya daftar dan beli preminya melalui website. Semua prosesnya benar-benar online dan cepat. Sangat memberi kemudahan buat saya. 

Untuk pembaca yang penasaran. Premi yang saya bayarkan per-tahun yaitu 90.000 rupiah. Cukup masuk akal dan ringan khususnya untuk pekerja paruh waktu yang banyak maunya seperti saya ini. Kelebihan lainnya yaitu saya tak perlu daftar ulang setiap beberapa tahun untuk perpanjang. Karena, setiap tahunnya, usai membayar premi, sudah bisa perpanjang otomatis hingga usia saya, insya allah, 85 tahun. 

Kanker payudara

Kemudahan beli premi secara online. Mempermudah saya yang memang sering tak punya waktu luang. Bukan sok sibuk, tapi karena memang kondisi pekerja lepas ya seperti ini. 

Bagaimana Caranya Membeli Premi Online?

  1. Buka website ilovelife.co.id di browser Anda. Kemudian klik tombol LIHAT DETAIL.
Astralife
  1. Anda akan diarahkan ke laman berikutnya. Kemudian klik tombol CEK SEKARANG.
Astralife
  1. Isi pertanyaan dari Mbak AVA, ya. Terus ikuti langkahnya sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.
Astralife
  1. Pada isi uang pertanggungan, silakan diisi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Nanti akan muncul estimasi bayaran setiap bulannya. Ini penting untuk dipilih dengan pertimbangan yang baik, ya. Karena, harus disesuaikan dengan kemampuan Anda.
  2. Ikuti terus proses pendaftarannya. Isi kolom pertanyaan keseluruhan dengan jujur. Terutama data diri yang penting untuk keperluan dokumen klaim. 
  3. Setelah selesai, akan ada informasi bahwa data Anda sudah berhasil diproses. Jangan lupa, untuk lakukan pembayaran pada laman setelah proses isi data selesai. 

Pembaca yang ingin beli premi dari website ilovelife.co.id bisa sertakan referal kode BLOGINDAH28 untuk pembelian Flexi Life maupun Flexi Critical Illness. Biar saat menghadapi kondisi terdesak, pembaca tak perlu pusing memikirkan biaya yang akan dikeluarkan nantinya.



2 Comments

Leave a Reply