5 Organizer Metode Konmari

Konmari Method, istilah ini sedang menjadi tren di “Pinterest” aplikasi. Konon, buku yang ditulis oleh Konmari sendiri, yang berasal dari Jepang, memunculkan sebuah pro dan kontra. Seperti apa sih Konmari Method atau metode Konmari ini? Sebenarnya, Konmari menulis sebuah buku bagaimana agar membuat rumah tetap bersih. Cara apa saja yang dapat ditempuh dalam merapikan dan menjaga agar rumah tetap bersih tanpa membuang banyak waktu dan energi? Apalagi, Jepang termasuk negara yang rapi dan disiplin, mungkin bagi kalian yang pernah bekerja di perusahaan Jepang akan mengalami juga bagaimana mereka benar-benar mengedepankan kedisiplinan serta kerapian dalam bekerja.

Ini jugalah yang membawa saya untuk menjadi bagian dalam kelompok yang PRO terhadap metode ini. Selain praktis, ini juga membantu saya dalam merapikan barang-barang di rumah setelah pindahan. Metode Konmari yang diambil dari buku karyanya berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing” yaitu salah satu teknik untuk merapikan rumah berdasarkan kategori. Ini bisa digunakan untuk banyak hal, misalnya merapikan sepatu di rak khusus sepatu. Memisahkan baju yang dipakai sehari-hari dengan baju yang dipakai untuk bepergian atau ke kantor. Mungkin metode ini terdengar familiar, apalagi saya, sering mendengar cara merapikan seperti yang Konmari lakukan dari Nenek saya rahimahullah.

Tapi, justru melalui pinterest ini, saya kembali berpikir untuk mengelompokkan perlengkapan di dapur. Dan, metode ini juga bukan hanya berisi apa-apa saja yang harus dikelompokkan, tapi juga waktunya. Jika sedang ingin merapikan lemari pakaian, ya jangan semuanya dirapikan. Cukup lemari saja yang dirapikan dengan memisahkan tas, baju, kemeja di dalam lemari. Kemudian di lain waktu baru merapikan Dapur. Nah, Dapur ini juga dibagi lagi, jadi dalam sekali merapikan tidak serta merta satu dapur penuh dirapikan. Tapi dibagi lagi waktunya, satu hari untuk merapikan khusus piring misalnya, kemudian hari lain merapikan gelas, dan seterusnya.

Dalam hal menjaga kebersihan rumah, Konmari juga membuat pengelompokkan, misalnya yang mau dibersihkan dari debu ruang tamu terlebih dahulu. Maka ruang tamu dari tempat terjangkau sampai yang tidak terjangkau dibersihkan dari debu. Begitu seterusnya dengan ruangan lain. Jadi, bukan merapikan rumah dalam satu hari secara keseluruhan. Sehingga dengan menerapkan metode ini, diharapkan agar energi yang dikeluarkan tidak membuat lelah, juga masih bisa mengerjakan pekerjaan lain. Untuk saya, ini sangat bermanfaat, karena saya masih bisa meluangkan waktu untuk menulis di blog, mengerjakan pekerjaan saya sebagai freelance, kemudian membaca buku (ini paling penting dalam hidup saya :D).

Konmari Method

Kebetulan, Lazada sedang mengadakan diskon untuk menyambut Hari Imlek. Penawaran dengan diskon yang sungguh lumayan ini rasanya tidak boleh dilewatkan. Apalagi saya sudah memiliki angan-angan untuk membeli beberapa barang yang memang sedang saya butuhkan.

1. Pro Ez Hoover Turbo Cyclone Vacuum Cleaner

Yang namanya membersihkan rumah, tidak mungkin tidak membutuhkan vacuum cleaner, apalagi untuk tempat yang sulit dijangkau. Lagipula, dengan vacuum cleaner pekerjaan membasmi debu ini bisa membantu saya agar lebih mudah membersihkan debu. Saya naksir dengan Pro EZ Hoover yang terkenal dengan “Produk Kecil dengan Sedotan yang Kencang”.

Ini alasan saya naksir dengan Vacuum cleaner yang satu ini :

* Dibuat dengan Material Stainless Steel. Jadi tidak mudah rusak.

* Memiliki kelengkapan tambahan sehingga bisa menjangkau semua bagian ruangan yang tidak bisa di dapat dari produk lain.

* Dilengkapi dengan sistem Teknologi Super Cyclone, dengan sedotan kencang yang dengan alur angin sedotan memutar. Sehingga kotoran tidak berumpul di saringan.

* Ini yang lebih penting yaitu Mudah Dibersihkan, dimana Tutup penampang tinggal dibuka, dan tutup tersebut cukup dicuci saja.

Dengan harga yang murah, diskon 60%! Dari harga normal Rp 999.000 bisa didapat hanya seharga Rp 397.900 saja, ini saya wajib beli! Dan sudah dapat 1 Main unit Pro EZ Hoover 3 Tongkat extention 4 Jenis sikat / kepala Vacuum. Konsumsi dayanya Cuma 150 Watt, belum lagi sesuai dengan Taglinenya, produk ini memang kecil, karena dimensinya 45 x 15 x 15cm saja, beda dengan merk lain yang bentuknya besar juga berat. Kalau berbicara tentang berat, berat Pro EZ Hoover Cuma 1.8 kg, ringan sekali.

konmari method

2. Jetting Buy Aluminum Seasoning Kitchen Wall Rack Silver

Sesuai banget dengan Konmari Method, rak alumunium ini bisa menjaga dapur di rumah bisa tetap rapi. Coba deh dilihat, ada tempat untuk menggantung peralatan memasak, tempat bumbu, serta sendok dan garpu dalam satu tempat. Tidak perlu memakan banyak tempat lagi. Apalagi, bahannya benar – benar 100 % berkualitas tinggi. Harganya ?? Murah juga ternyata, tidak menguras dompet karena dapat diskon 63%! Cihuy. Tidak percaya kalau produk ini sedang diskon? Coba cek saja langsung :

3. AIUEO Pan Tree Cookware Organizer

Lagi-lagi, perlengkapan buat dapur saya, agar terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Dengan Tempat Susun Panci ini cocok sekali kalau diletakkan di salah satu sudut meja dapur. Memudahkan saya mencari panci saat memasak. Juga menjadikan dapur saya cantik seperti di televisi. Satu hal yang membuat saya semakin naksir yaitu raknya mudah dirakit bahan tanpa peralatan khusus, jadi tidak perlu panggil tukang atau ribet di dapur gara-gara bingung memasangnya. Dan kerennya, rak susun ini dapat menampung beban hingga 11 Kg! Oke sip, ini cocok untuk dapur saya dan panci-panci saya yang gambarnya bunga-bunga. Penasaran juga dengan rak susunnya? 

4. Rak Sepatu 10 susun + Penutup Anti Debu

Dalam mengelompokkan barang-barang di rumah, salah satunya agar mudah dicari dan juga terlihat lebih rapi adalah dengan menyusunnya sesuai kategori barang tersebut. Nah, seperti sepatu, saya butuh rak sepatu yang bisa memuat seluruh sepatu saya, tapi tidak khawatir berdebu. Pilihan saya jatuh pad arak sepatu yang ternyata memiliki penutup anti debunya. Ini justru memudahkan saya, karena rak ini membuat saya tidak usah khawatir sepatu dan sandal yang sudah dicuci akan kotor berdebu. Apalagi dengan rak yang tingginya 10 susun, ini cocok sekali dengan yang saya mau dan saya butuhkan.

5. Sewing Kit Thread Threader Needle Tape Measure Scissor Thimble Box Bag 

Yang terakhir, barang ini benar-benar sesuai sekali dengan Metode Konmari yang sedang saya terapkan. Bagaimana tidak? Perlengkapan menjahit tapi bisa muat dalam satu boks? Justru ini membuat benang dan jarum untuk menjahit tidak berantakan, malah menambah cantik.

Dengan kotak berwarna transparan, memudahkan saya ketika memastikan apakah punya benang warna merah atau tidak. Karena biasanya saya hanya meletakkan perlengkapan jahit saya di kotak bekas sereal. Tidak kelihatan dan riibet, karena harus saya buka dahulu kalau mau cek warna benang apa yang belum saya punya. Di sini ini bisa dilihat penampakannya :

Dari wishlist di atas, ada yang sama dengan keinginan saya? Kalau sama, toss saja deh. Sungguh, saya sudah naksir sekali dan tidak sabar untuk bisa memiliki barang-barang ini untuk membantu saya menerapkan Konmari Method. 

Written by

Blogger – Reader – Writer – Amateur Photographer – Reviewer – Buzzer For more information about me kindly please visit this link : About on Top Menu. Bussiness Inquiry or more information please send your email to : ipehalena@gmail.com .

Leave a Reply