Landing Page Desain Google Sites Untuk Pemula

landing page google sites

Landing Page Desain Untuk Pemula. Cara desain layout di Google Sites gimana sih? Kemarin, Ipeh dapat pertanyaan seperti ini. Maklum, yang nanya ini masih awam dengan dunia website. Jadi, harus dijelaskan dengan sabar dan pelan-pelan.

Meski bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan blogging dan desain website. Pastinya akan menganggap bahwa tampilan editor di Google Sites ini mudah.

Karena itu, tulisan ini ditujukan untuk teman-teman yang masih sangat awam dengan dunia website. Tapi, ingin sekali punya landing page atau punya website yang nantinya akan diisi dengan informasi mengenai produk jualan atau informasi bisnis. Atau apa saja yang kiranya dilakukan untuk hal bermanfaat.

Jadi, baca tulisan ini sampai tuntas, ya. Biar enggak ada kebingungan saat mencoba untuk membuat landing page di Google Sites.

Mengatur Halaman Utama Landing Page Dengan Google Sites

Yang akan saya jelaskan adalah desain secara mendasar untuk yang ingin menjadikan tampilan websitenyanya diawali dengan pengenalan.

Dan untuk contoh yang akan saya jabarkan di sini, difokuskan untuk pemilik online shop atau pebisnis.

Yang dibutuhkan sebelum mulai mendesain halaman landing page adalah :

  • Cover Banner dengan ukuran 1920 x 1080 px 
  • Logo bisnis 
  • Foto produk atau jasa yang ingin ditampilkan
Cover Landing Page

Untuk cover banner, silakan dibuat sendiri. Biasanya berisi nama website atau nama bisnis. Kalau sudah siap, mari kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mendesain halaman utama di Google Sites.

Pemula yang masih belum tahu bagaimana cara membuat Google Sites silakan baca di tulisan Membuat Landing Page Dengan Google Sites.

Desain Halaman Utama Landing Page Di Google Sites

1.Masuk ke dalam akun Google di Google Sites dan klik nama website yang sudah dibuat.

2. Kita akan mengunggah logo tampilan. Klik ikon di pojok kiri atas pada layar editor. Klik tulisan Add Icon. Kemudian unggah icon dan bisa unggah juga Fav Icon. Untuk gambar antara Icon dengan Fav Icon boleh sama.

edit gambar google sites

3. Tambahkan gambar pada header, dengan klik tulisan Change Image kemudian pilih gambar yang ingin Anda gunakan. 

Pada tampilan website di https://sites.google.com/view/ipehalena/home saya menghilangkan tulisan Title di tengah. Karena sudah diganti tulisan dari banner yang saya miliki.

title website

4. Untuk tulisan kalimat pembuka disertai pengenalan mengenai siapa saya. Saya menggunakan Layout di baris pertama sebelah kiri.

landing page layout

Anda tinggal mengunggah foto logo atau bisnis Anda. Kemudian, ketik siapa Anda di bagian Title atau bisa dengan mengetik nama profil bisnis atau nama toko Anda.

Setelah itu Anda ketik mengenai informasi : Siapa Anda? Apa yang Anda jual? 

Bagaimana? Masih Semangat Desainnya, Kan?

lanjut ya…..

5. Untuk tulisan Blog Yang Saya Miliki saya menggunakan Collapsible Text yang berada pada menu sebelah kanan di bagian bawah Layout.

landing page info

6. Sementara untuk daftar urutan blog, saya menggunakan Layout dengan Tiga Gambar Berurutan. 

layout google sites

Anda bisa menambahkan gambar sebanyak yang Anda butuhkan. Isi juga kolom Judul serta Deskripsinya. Agar pengunjung memahami apa yang Anda jual dan informasi lengkapnya.

Misal, Anda menjual baju, maka tampilkan foto baju, kemudian tuliskan nama seri baju pada kolom Heading atau Judul.

Lalu ketikkan pula informasi lengkap seperti bahannya apa, ukuran yang tersedia hingga harga pada kolom deskripsi.

7. Pada bagian Ingin Bekerja Sama Dengan Ipeh Alena? Saya menggunakan Collapsible Text lagi. Kemudian menambahkan Text box di bawahnya, yang saya gunakan untuk informasi cara menghubungi saya.

contact website

Anda juga bisa menyediakan informasi untuk pengunjung website, mengenai cara menghubungi Anda. Apakah melalui email, kontak whatsapp atau telpon. 

Bisa juga dengan menambahkan kotak Map jika Anda memiliki kantor yang bisa didatangi langsung oleh pengunjung yang ingin menggunakan jasa atau membeli produk Anda.

8. Setelah selesai, klik tombol PUBLISH yang berada di pojok kanan atas. Kemudian klik lagi PUBLISH saat berada di halaman konfirmasi.

9. Untuk mengetahui link atau tautan dari hasil website yang sudah kita tayangkan. Anda bisa klik tanda URL seperti di bawah ini. 

tautan link

Tautan atau link yang bisa Anda gunakan untuk disebar ada di kolom yang ada tulisan Copy Link.

10. Jika Anda ingin tulisan tautan atau link tidak terlalu panjang. Silakan gunakan link shorter seperti bit.ly.

Penutup

Teknik di atas ini khusus untuk pemula, ya. Semoga saja penjelasan saya ini mudah diikuti dan mudah dicerna. Kalau masih ada yang masih kurang bisa dipahami. Silakan sampaikan pertanyaannya melalui kolom komentar.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembaca yang membutuhkan.



Leave a Reply