Cara Membuat Landing Page Untuk Bisnis Online Gratis!

landing page bisnis online

Landing Page untuk bisnis online sedang banyak dibutuhkan. Fungsinya untuk menampilkan profil diri mereka serta produk yang ditawarkan serta informasi kontak. Seperti portfolio singkat tentang personal branding pemilik online shop.

Beberapa teman saya, yang masih belum mengenal dunia blogging dan website. Mereka banyak bertanya tentang cara membuat landing page untuk bisnis mereka. Pertanyaan ini sudah dilemparkan sejak beberapa bulan lalu. Dan baru hari ini saya realisasikan dalam bentuk tulisan.

Cara Membuat Landing Page Dengan Google Sites

Atau dua cara yang akan saya jabarkan. Pertama, membuat landing page di Google Site melalui laptop atau PC. Dan kedua, melalui google chrome. 

Kenapa saya membuat dua tutorial sekaligus? Karena google sites ini lebih mudah diakses dengan menggunakan laptop atau PC. Kemudian, agar beberapa orang yang tidak memiliki PC atau Laptop tetap bisa membuat landing page melalui gawai pintar (smartphone) mereka.

Membuat Landing Page Dengan Google Site Melalui Laptop Atau PC

1.Buka browser dan ketik di kolom address bar https://sites.google.com/new

2.Masuk dengan menggunakan email gmail yang Anda miliki

3.Klik tombol “ + “ yang terletak di pojok kanan bawah untuk memulai membuat Landing Page baru

4. Mulai membuat konten untuk Landing Page

landing page

Ada beberapa pengaturan untuk mempermudah Anda. Pada menu di sebelah kanan, terdapat widget atau pengaturan dan aksesoris yang bisa ditambahkan ke dalam landing page Anda.

  • Insert : berisi tata letak pengaturan (layout), penambahan gambar jika ingin menambahkan gambar, bisa menambahkan tulisan dengan klik ikon TEXT, bisa menambahkan Table atau tabel dan banyak lainnya yang tersedia. Silakan scrol terus ke bawah. Jika belum paham bagaimana dan apa fungsi aksesoris di widget ini, silakan klik saja. Nanti akan diarahkan harus melakukan apa dan bagaimana.
  • Pages : biasanya dalam satu website terdapat beberapa halaman yang muncul. Nah, kalau ingin membuat banyak halaman untuk Landing Page Anda. Silakan gunakan tab ini, klik ikon “+”. Kalau Anda ingin memasukkan link dari website lain, pilih Link. Kalau ingin membuat laman baru, silakan pilih “New Page”.
  • Theme : pada menu ini Anda bisa memilih jenis tema yang diinginkan sesuai dengan selera.
landing page menu
tambah halaman landing page

5. Jangan lupa untuk mengganti nama tampilannya sesuai bisnis Anda dengan mengklik tulisan Your Page Title dan ganti dengan nama website yang sesuai keinginan Anda.

custom landing page

Atau jika Anda sudah memiliki gambar yang berisi informasi mengenai toko online Anda. Serta logo milik online shop atau bisnis Anda. Bisa klik Ikon LOGO dan untuk mengubah gambar header klik CHANGE IMAGE.

6. Berikan nama website Anda pada bagian pojok kanan atas di tulisan Untitled Site

7. Jika sudah selesai dan dirasa cukup, klik tombol PUBLISH yang berada di sebelah kanan atas

custom Google Sites

Cara untuk membuat website di Google Sites melalui laptop atau pc sudah selesai. 

Membuat Landing Page Melalui Google Chrome Di Handphone

Untuk langkah pembuatannya sama dengan langkah pembuatan melalui Laptop atau PC. Hanya ada satu perbedaan ketika ingin membuat Landing Page Google Sites di browser Handphone.

Anda harus mengaktifkan mode Desktop Site pada browser Anda. Karena, tampilan Google Sites hanya bisa memuat laman penuh versi Dekstop. 

create Google Sites

Penutup

Kelebihan dari Landing Page dari Google Sites ini selain tak berbayar. Anda juga bisa bebas mengaturnya sesuai keinginan. Selain itu, penggunaannya juga cukup mudah meski tools yang disediakan cukup banyak jenisnya.

Pilihan yang banyak, seringnya membuat pemula kebingungan. Karena itu, penting buat Anda yang masih awam dalam masalah edit website. Untuk mencoba beberapa layout dan susunan laman dasar dulu.

Kalau sudah bisa dan memahami sedikit demi sedikit. Tentunya nanti akan mudah untuk dikembangkan lagi.

Hal yang harus diingat jika laman ini dikhususkan untuk informasi mengenai produk atau bisnis. Jangan lupa untuk memasukkan nomor whatsapp bisnis Anda. Kemudian, informasi produk dan nama kontak yang jelas. Sehingga, orang yang mengunjungi bisa mudah untuk mencari informasi jika ingin konsultasi.

Jika ingin memperpendek tautan alamat landing pages yang panjang. Bisa gunakan bit.ly untuk memangkasnya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa mampir di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin ditambahkan.



2 Comments

  1. Riris Novitq
  2. Riris Novita

Leave a Reply