Optimasi Instagram Dengan Bantu Pebisnis Online Selama Ramadan Sambil Tetap #DiRumahAja

optimasi instagram

Optimasi instagram tapi sambil bantu bisnis ukm melalui online? Masih setia #dirumah aja dan ingin melakukan sesuatu yang bermakna untuk orang lain? Mumpung mau menjelang Ramadan. Bisa dimulai dari sekarang. 

Masa-masa Menjelang Ramadan

Biasanya, menjelang Ramadan banyak orang yang mulai berburu tiket pesawat murah. Demi bisa mudik menjelang lebaran. Tak hanya itu, beberapa dari pemudik bahkan sudah pesan tiket kereta dari beberapa bulan sebelumnya. Soalnya, tiket kereta ini termasuk yang lebih cepat habis.

Buat yang masih bisa mudik menggunakan transportasi darat seperti mobil. Biasanya sih lebih mudah, cukup top up e-money untuk bayar tol aja.

Tapi, semenjak situasi dan kondisi seperti saat ini. Sepertinya memang lebih baik untuk fokus menjaga kesehatan, kebersihan tubuh serta melakukan banyak kebaikan.

Salah satunya, menjalankan konsep menolong sesama pebisnis online. 

Perbanyak Berbuat Baik Selama Ramadan

Di tengah ketidak-pastian seperti saat ini, yang paling terkena imbasnya adalah para pelaku UKM yang mulai merambah teknologi online. Demi bisa tetap menjaga kestabilan ekonomi serta membuat dapur tetap ngepul selama masa social distancing ini.

Yang dibutuhkan para pelaku bisnis online ini sebenarnya cuma satu. Mereka membutuhkan para ahli pemasaran yang mau melakukannya secara cuma-cuma. Tanpa mengharapkan imbalan karena mereka bahkan belum memiliki budget untuk promosi. Bagi mereka, dagangan bisa mendatangkan pembeli dalam satu hari saja sudah beruntung. 

Nah, buat kita yang memiliki akun Instagram. Punya keinginan untuk optimasi Instagram biar menjadi media yang bermanfaat. Kita bisa melakukan langkah sederhana yang GRATIS tapi bisa memberi dampak positif bagi pelaku bisnis online.

Penasaran ingin tahu caranya? Simak artikel ini sampai habis, ya.

Optimasi Instagram Sambil Berbuat Baik

1. Meningkatkan Interaksi

Dalam setiap materi Optimasi Instagram yang saya ikuti. Interaksi kita dengan akun yang kita ikuti atau yang mengikuti kita. Itu selalu diulang-ulang untuk dipraktekkan. 

Kenapa? Karena pada dasarnya, Instagram suka dengan akun yang tampak aktif, bukan sekadar aktif posting saja. Tapi, aktif menjalin komunikasi dan keakraban antar sesama pengguna.

Praktek Berbuat Kebaikan : sambil latihan untuk menjalin komunikasi agar Instagram menilai akun kita ini asik. Mulailah memberi LIKE, KOMENTAR POSITIF dan SHARE POST dari produk dagangan pemilik bisnis online secara gratis.

Catatan : Agar tidak bingung memilih toko online yang ingin dipromosikan. Silakan cari informasi terlebih dahulu. Siapa tahu justru teman atau saudara kita sedang memulai bisnis online tanpa kita tahu. Kalau masih bingung, silakan cek di grup komunitas pedagang di Facebook seperti Ibu-ibu Doyan Bisnis. Di sana banyak informasi pedagang online yang terpercaya.

2. Manfaatkan Jumlah Follower

Kalau akun Instagram kita sudah punya banyak follower, 500 follower misalnya. Mari kita manfaatkan untuk hal yang baik. Kita bisa membuat video atau Insta story atau IG TV yang bisa membuat banyak orang penasaran.

Konon katanya, antara foto dengan video di Instagram, nyatanya lebih banyak yang suka menonton tayangan video atau IG TV yang menarik dan informatif. Yuk mulai bikin IG TV yang asik biar follower kita jadi makin antusias dan bisa jadi mengundang banyak follower baru.

Praktek Buat Kebaikan : kita bisa mulai membuat endorse atau ulasan secara live di IG Story atau IG TV atau video di Instagram. Untuk produk atau jasa pelaku bisnis online. Tapi, endorse ini harus GRATIS. Biar mereka enggak kesulitan harus membayar biaya promosi.

optimasi instagram

3. Saling Follow Akun

Tips agar follower kita bertambah itu, salah satunya dengan menjalin hubungan simbiosis mutualisme. Maksudnya, kita pasti sering masuk ke dalam grup atau komunitas yang menyediakan program Instagram Walking. Nah, dalam program ini, sempatkan pula kita untuk mengikuti akun mereka. Dan tanyakan apakah mereka berkenan untuk mengikuti balik akun kita atau tidak.

Jika enggan, tak apa. Keputusan ada di tangan Anda. Apakah akan tetap mengikuti atau lekas unfollow. Tapi, saya sarankan untuk mengikuti setiap akun dengan tulus, ya. Jangan juga ketika tidak dibalas mengikuti kemudian ngomel dan pasang status. Tak perlu, kan tujuannya untuk berbuat kebaikan juga.

Praktek Buat Kebaikan : kalau biasanya kita enggan mengikuti balik akun online shop. Kini waktunya kita memberi dukungan pada mereka dengan mengikuti akun online shop mereka. Kemudian, beri like ke postingan mereka secara gratis, ya. 

4. Promosi Di Instagram

Kalau punya dana lebih, kemudian ingin mempromosikan akun sekalian berbuat kebaikan. Gimana kalau membuat satu postingan berisi ulasan singkat produk UKM. 

Entah itu mempromosikan info program toko online yang akan mengadakan Bebas Ongkir selama Ramadan di Tokopedia. Atau mempromosikan kanal marketplace mereka di satu postingan. Biar calon pembeli juga tidak khawatir karena mereka percaya jika transaksi melalui marketplace.

Kemudian, postingan ini kita jadikan promosi berbayar di Instagram. Tapi, ingat ya. Kita tidak meminta bayaran sepeserpun dari pemilik usaha untuk promosi berbayar kita. 

Jadi, kita bayar pakai duit sendiri? Betul itu. Siapa tahu bisa jadi sedekah yang lebih bermanfaat untuk para pebisnis online.

5. Beri Dukungan Positif

Memberikan dukungan positif untuk pebisnis online itu dengan cara enggak menawar dagangan mereka. Dan membeli dagangan mereka dengan tulus.

Selain itu, kalau keuangan kita juga sedang tak menentu. Bisa juga kita berbuat baik dengan memberikan komentar pujian atau semangat pada postingan mereka. Secara gratis tanpa meminta pamrih mereka harus berkomentar juga di postingan kita.

ukm indonesia

Penutup

Dengan mengandalkan media sosial yang kita miliki. Kemudian kita fokuskan untuk berbuat kebaikan seperti ini. Tanpa meminta imbalan. Tentu bisa membantu pebisnis online untuk bisa bertahan di masa sulit.

Kita tak bisa sukses sendiri. Kita butuh orang lain untuk membantu kita. Karena itu, jika kita tak bisa membantu mereka secara optimal dengan membeli dagangan mereka. Cara lainnya yaitu dengan menjadi markerter gratis untuk promosikan produk mereka.

Meski kita masih tetap #dirumahaja tapi kita tetap bisa membantu banyak orang dengan optimal. Tentunya jika dilakukan terus bahkan ketika bulan Ramadan. Insya allah bisa menjadi tabungan kebaikan untuk kita.

Siapa tahu, bantuan kecil kita ini. Bisa membuat para pebisnis online ini bertahan. Dan para kurir yang tak memiliki pilihan pekerjaan lain, tetap bisa mencari nafkah untuk keluarga mereka. Serta, jika kita bisa menggunakan jasa kurir antar dengan Gojek atau Grab. Maka para pengendara online ini bisa tetap ikhtiar demi keluarga mereka.

Apa rencana pembaca selama ramadan ini? Adakah yang mampir ke sini memiliki bisnis online? Siapa tahu ada yang butuh informasinya juga. Tinggalkan social media atau marketplace tempat Anda jualan, ya. Biar mempermudah pembaca lain yang ingin membantu.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.



86 Comments

  1. kangamir.com
  2. Amel
  3. Prajna Vita
  4. Joko Yugiyanto
  5. Kokoh Hendra
  6. Shafira Adlina
  7. Bayu Fitri
  8. Bayu Fitri
  9. Fadli Hafizulhaq
  10. wahyuindah
  11. Mas Ito
  12. Jasmi Bakri

Leave a Reply