Pasien BPJS Sangat Terbantu Dengan Kemudahan Dari SehatQ Untuk Pendaftaran Antrian Booking Dokter

sehatq

Pembaca yang mampir ke sini, apakah pengguna BPJS? Hal yang paling sering saya alami selama menggunakan layanan kesehatan ini adalah antrian yang panjang. Karena, pasien yang menggunakan BPJS juga banyak sekali. Sehingga, untuk melakukan temu dokter di sebuah rumah sakit pun harus sabar menanti. Karena, pasien yang membutuhkannya pun sangat banyak. 

Apalagi, kalau dokter tersebut memang sudah direkomendasikan oleh pihak rumah sakit untuk menjadi dokter khusus pasien BPJS. Sudah pasti akan mengalami apa yang tengah saya alami saat ini. Ketika harus booking dokter untuk kontrol ke dokter Novita Sitorus, Sp.JP di Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi. 

Antrian yang cukup bikin geleng-geleng kepala, bukan hal yang baru bagi pasien pengguna layanan BPJS. Untuk mendaftar antrian di rumah sakit Hermina Galaxy pun tidak mudah. Karena itu, saya akhirnya memutuskan untuk melakukan pendaftaran antrian janji temu dokter di website SehatQ.com

Berawal Dari Kondisi Bapak Yang Menurun Drastis

Bapak saya penderita diabetes melitus. Sudah bertahun-tahun beliau menderita penyakit ini. Tidak bisa dihitung, sudah berapa banyak obat yang masuk ke tubuhnya. Dokter langganan, yang memang paham dan memiliki catatan riwayat penyakit yang Bapak saya alami. Sempat mengatakan mengenai kemungkinan adanya indikasi gagal ginjal. Berita ini sudah kami terima beberapa tahun lalu.

Kami, saya dan keluarga, sangat maklum karena memang penderita Diabetes Melitus akan mengalami komplikasi. Entah organ yang mana yang akan melambaikan bendera lebih dulu. Demikian kelakar sang dokter setiap kami datang berkunjung. Bukan niatan beliau untuk menakuti, tapi untuk mempersiapkan keluarga pada kemungkinan yang terburuk.

Penyakit yang Bapak alami ini, juga diderita oleh sebagian besar saudara kandungnya. Bahkan, nenek saya – Ibu dari Bapak – meninggal karena Diabetes Melitus. Jadi, penyakit ini memang tidak bisa dianggap remeh. Resiko penyakit memang bisa diturunkan. Namun, yang paling mudah dilihat adalah pencetus dari penyakit tersebut, yaitu gaya hidup.

Singkat cerita, suatu hari Bapak mengalami penurunan kondisi yang sangat drastis. Dari mulai keluhan sulit buang air kecil. Sulit tidur. Sampai napasnya tersengal-sengal. Kondisi ini membuat Bapak harus dilarikan ke dokter langganan. Setelah itu, dirujuk untuk cek darah. 

Hasil dari cek darah, menunjukkan ada indikasi bahwa Bapak harus dilarikan ke rumah sakit. Karena, nilai SGOT dan SGPT-nya sangat tinggi. Dokter yang biasa menangani Bapak, menjelaskan kemungkinan adanya gagal ginjal. Akhirnya, Bapak dirawat di rumah sakit. 

Karena Bapak belum pernah dirawat di Rumah Sakit Hermina Bekasi Barat. Akhirnya, dokter di UGD pun melakukan pengecekan secara menyeluruh. Pengecekan ulang seperti cek darah pun dilakukan. Ternyata, saat diperiksa justru hasilnya berbeda. Nilai SGOT dan SGPT memang tinggi, karena hatinya mengalami pembengkakan. Juga, paru-parunya membesar, ikut bengkak. Serta, kondisi jantungnya yang melemah akibat terendam cairan.

Dari sinilah, akhirnya diketahui bahwa Bapak mengalami gagal jantung. Di mana fungsi jantungnya sudah tinggal 29%. Yang membuat Bapak harus mengurangi aktivitasnya. Karena, tidak boleh melakukan pekerjaan berat. Tidak boleh mengendarai motor. Satu lagi, yang menjadi alasan, kenapa Bapak akhirnya berhenti menghidu candunya. Iya, Bapak pun akhirnya mau berhenti merokok setelah harus dirawat karena mengalami gagal jantung.

Pasien Penyakit Jantung Pengguna Layanan BPJS

Paska dirawat, Bapak diwajibkan untuk terus melakukan check-up rutin. Saat di rumah sakit Hermina Bekasi Barat. Dokter spesialis penyakit dalam, merekomendasikan kepada Bapak. Agar mengganti dokter spesialis Jantung yang sebelumnya menangani. Karena, antriannya yang memakan waktu sampai dua bulan.

Sebab itu pula akhirnya Bapak pindah rumah sakit untuk check-up. Karena, dokter Novita praktek di Hermina Galaxy. 

booking dokter sehatq

Waktu pertama kali mendaftar, saya mengalami kendala yang cukup terasa. Kondisi Bapak sangat teramat lemah. Apalagi, saat itu masih baru beberapa minggu keluar dari rumah sakit. Alhasil, saat harus datang bersamaan dengan antrian penyerahan dokumen. Sejak pukul 07.30 pagi sudah mengantri di rumah sakit. 

Meski saya yang mengurus dokumennya. Tapi, tetap saja Bapak saya tak kuasa untuk duduk lama. Akhirnya, dengan kebaikan hati pasien lain yang tak tega melihat Bapak, memberikan kursinya agar Bapak bisa tiduran. 

Antrian pendaftaran pasien BPJS ini ada dua. Pertama, antrian untuk bisa mendapat nomor. Di mana nomor ini digunakan untuk mendapatkan nomor lain, untuk antrian lain, yaitu penyerahan dokumen. Setelah dokumen diserahkan, barulah nanti akan diurus nomor pasien untuk janji temu dengan dokter. Kemudian, seperti biasa, ada antrian obat juga. Khusus antrian obat, justru menurut saya lebih cepat dibanding antrian pendaftaran.

Catatan : Untuk pendaftaran mendapatkan nomor untuk penyerahan berkas. Biasanya dilakukan sebulan sebelumnya. Kecuali, jika kondisinya darurat, bisa diurus untuk hari esok. Disertai beberapa dokumen pendukung dari klinik terdekat.

SehatQ Bantu Pasien BPJS Penderita Sakit Jantung Booking Dokter

Dengan kondisi yang tak memungkinkan. Saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan layanan SehatQ ini untuk kontrol rutin Bapak. Karena, setelah coba daftar melalui telpon ke rumah sakit Hermina Galaxy. Nada sambungnya selalu penuh dan sibuk. Pastinya memang sering sulit untuk mendaftar dengan menggunakan layanan BPJS.

Tapi, inilah suka dan dukanya sebagai pengguna layanan kesehatan ini. Pasien yang membutuhkan lebih banyak. Karena itu, saya tak keberatan dengan kenaikan tarif BPJS, semoga layanannya akan ditingkatkan dan memberikan kemudahan bagi penggunanya juga.

Sebelumnya, saya memang sempat diberitahu oleh pihak administrasi. Biasanya, untuk melakukan pendaftaran, dilakukan sebulan sebelum janji temu dengan dokter. Saya sempat patah hati duluan, mengingat obat yang harus dikonsumsi Bapak sudah menipis. Kemudian, memang kondisinya harus kontrol rutin karena sempat masuk UGD beberapa hari yang lalu karena serangan.

sehatq booking dokter

Karena tidak terbayang lagi harus bagaimana. Akhirnya saya melakukan pendaftaran antrian janji temu dokter Novita melalui website SehatQ. Dengan harapan, agar nanti Bapak bisa datang setelah pendaftaran berkas selesai. Jadi, Bapak tidak perlu ikut mengantri dari pagi. Biar kondisinya tidak menurun dan kelelahan lagi. 

Dengan mendaftar antrian di SehatQ, setidaknya sudah berkurang satu beban saya. Nanti, saya tinggal menyerahkan dokumen. Kemudian, Bapak bisa datang dan langsung cek tensi serta timbang berat badan. Jadi, tidak perlu menunggu lama.

SehatQ Memberi Bantuan Bagi Pengguna BPJS

SehatQ ini adalah layanan asisten kesehatan yang bisa membantu masyarakat Indonesia, khususnya Bapak saya. Untuk mendapat pelayanan kesehatan, dari mulai pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Pelayanannya juga disediakan sesuai dengan kebutuhan sang pasien. 

SehatQ ini bukan rumah sakit. Tapi, bekerjasama dengan 2.127 tempat penyedia layanan kesehatan. Baik itu klinik sampai rumah sakit. Serta, bekerjasama dengan 6.979 dokter dari beragam keahlian. Ada dokter umum sampai dokter spesialis dan juga ada dokter kulit. Semua lengkap. Sampai informasi mengenai kesehatan yang valid dan terpercaya pun ada di sini.

Kemudahan yang ditawarkan oleh SehatQ ini bukan hanya untuk masyarakat yang menggunakan pembayaran pribadi maupun asuransi swasta. Tapi, juga bisa digunakan untuk pengguna BPJS. Sesuai dengan tujuan dari SehatQ, di mana ingin memberikan pelayanan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia.

Apa Yang Bisa Didapat Dari Asisten Kesehatan SehatQ

direktori obat

Direktori Obat

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kegunaan serta fungsi obat-obat tertentu. Fitur ini cocok untuk Anda yang suka lupa dengan informasi yang diberikan apoteker saat mengambil obat. Terkadang, ada juga apoteker yang tidak mencantumkan fungsi dari obat tersebut untuk apa. Jadi, sekadar memberikan informasi penggunaannya saja. Padahal, sering kali pasien kebingungan ketika dokter meminta mereka menambah dosis obat tertentu sementara keluarga pasien awam dengan nama obat-obatan tersebut.

Artikel Kesehatan

Kita sering mencari informasi mengenai gejala penyakit tertentu di internet. Tidak jarang mendapat informasi yang salah mengenai kondisi penyakit. Sebab itu, penting untuk mengecek sumber mengenai informasi kesehatan yang sedang kita cari. Kalau tidak hati-hati, bisa jadi kita menangani pasien dengan cara yang salah.

Saya menggunakan fitur ini untuk mencari informasi mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pasien gagal jantung. Artikel yang disediakan pun banyak. Menjadi referensi yang tepat untuk keluarga, agar bisa memberikan perawatan terbaik bagi pasien gagal jantung selama di rumah.

Konsultasi Dokter

Jika ada kondisi darurat namun tidak memungkinkan untuk membawa pasien segera ke rumah sakit. Bisa gunakan fitur konsultasi dengan dokter secara online. Menggunakan fitur pengirim pesan yang mudah digunakan. Kita bisa melakukan konsultasi mengenai kesehatan dengan dokter-dokter yang sesuai dengan penyakit pasien. 

Booking Dokter

Seperti pengalaman saya menggunakan layanan SehatQ ini. Bisa melakukan pendaftaran janji temu dengan dokter melalui aplikasi atau website. Nanti, tim dari SehatQ akan membantu Anda. Jadi, jangan khawatir apalagi takut salah saat mendaftar.

Informasi Layanan Kesehatan

Kalau membutuhkan informasi mengenai klinik atau rumah sakit tertentu, bisa gunakan fitur ini. Mulai dari informasi alamat rumah sakit, jam operasional, dokter yang bertugas, sampai pelayanan yang diberikan pun tersedia di sini. Bukan hanya klinik untuk berobat biasa. Tapi, juga tersedia informasi klinik kecantikan dan khusus perawatan gigi.

Bagaimana Cara Mendaftar Booking Dokter Untuk Pengguna BPJS

Caranya cukup mudah. Silakan baca sampai tuntas dan ikuti langkah-langkah yang saya tuliskan di bawah ini.

  1. Buat akun di website SehatQ dengan mengunjungi website https://www.sehatq.com/ atau instal aplikasinya melalui Playstore.
  2. Pilih Rumah Sakit yang dituju. Khusus bagi Anda yang sudah tahu ingin konsultasi di mana. Saya memilih Rumah Sakit Hermina Galaxy.
  3. Pilih dokter spesialis yang ingin dituju. Karena sudah mendapat rujukan untuk bertemu dengan dokter Novita. Jadi, saya memilih dokter Novita pada bagian ini. Jika belum tahu mengenai profil dokter, silakan klik pada nama-nama yang tertera. Nanti akan muncul juga informasi tempat mereka praktek.
  4. Klik tombol Booking Dokter. Kemudian isi formulir yang tersedia. Untuk pasien BPJS, masukkan informasi pembayaran dengan pilihan ASURANSI. Kemudian, cantumkan informasi nomor BPJS Anda di kolom catatan. Contoh : PASIEN BPJS DENGAN NOMOR : 12345678.
  5. Cek kotak dengan tulisan “Saya Telah Menyetujui”. Kemudian, klik Booking Sekarang. Kalau Anda sudah pernah berobat di rumah sakit tersebut, jangan lupa untuk cek kotak di bagian atas formulir “Sudah Pernah Diperiksa Di Lokasi Ini”.
  6. Pastikan nomor Anda bisa dihubungi. Karena, tim SehatQ akan melakukan konfirmasi secara langsung.

Pendapat Pribadi Menggunakan Layanan Asisten Kesehatan SehatQ

Saat selesai mengisi formulir pendaftaran janji temu dokter Novite. Koneksi alat telekomunikasi saya sempat mengalami gangguan. Sehingga pihak tim SehatQ kesulitan menghubungi saya secara langsung. Namun, mereka tidak langsung berhenti. Karena, timnya segera menghubungi saya melalui jalur Whatsapp. 

Untuk pelayanannya sangat ramah. Tidak membedakan antara pasien pribadi, asuransi swasta atau BPJS. Mereka hanya mengonfirmasi apakah benar kita mendaftar untuk layanan temu dokter. Kemudian, tim mereka akan melakukan proses registrasi langsung ke rumah sakit yang bersangkutan.

Kendala lain yang saya temui adalah jadwal dokter Novita. Mengingat saat ini sudah menjelang akhir tahun. Tentunya, banyak dokter yang sudah mengajukan cuti liburan untuk hari raya Natal dan Tahun Baru. Ini yang kemudian membuat prosesnya agak sedikit lama. Tapi, jangan khawatir karena tim SehatQ dengan profesional memberikan pelayanannya secara maksimal.

Hal yang perlu diingat bagi pengguna BPJS adalah harus mencantumkan informasi pembayaran dengan BPJS di kolom catatan dan sertakan juga nomor BPJS Anda. Agar tim SehatQ bisa dengan mudah melakukan proses registrasi tanpa melakukan kesalahan. 

Overall, layanan SehatQ ini memberikan pelayanan yang mempermudah bagi pasien BPJS. Terutama untuk pasien dengan kondisi gagal jantung seperti Bapak saya. Dengan kemudahan ini, saya jadi tidak kesulitan mengikuti alur selanjutnya untuk berobat dengan BPJS di Hermina Galaxy.

Bagaimana dengan pembaca? Apakah pernah mengalami suka dan duka menjadi pasien BPJS? Meski banyak yang mengeluh mengenai kesulitan yang dihadapi. Tapi, tidak sedikit juga yang merasakan langsung manfaat dari BPJS ini. Silakan ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar. 

Written by

Blogger – Reader – Writer – Amateur Photographer – Reviewer – Buzzer For more information about me kindly please visit this link : About on Top Menu. Bussiness Inquiry or more information please send your email to : ipehalena@gmail.com .

11 comments / Add your comment below

  1. Bagus sekali aplikasinya. Sangat memudahkan para pengguna BPJS. Saya juga tahu bagaimana rasanya mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Memang harus ekstra sabar. Terima kasih infonya Mbak. Sangat bermanfaat sekali.

  2. Wah mba aku ikut sedih baca tulisannya dan ngebayangin betapa repotnya ngurusin n lama berobat dengan BPJS. Semoga bapaknya cepet sembuh ya mba dan dimudahkan pengobatannya

  3. Wah aku baru tahu info ini mba. Makasih ya bantu banget buat saya. Kebetulan, kondisi mamah mirip seperti bapaknya Mba Ipeh.. aku mau coba deh install aplikasi ini. Semoga bisa dibantu sama sehatq.com. thanks for sharing ya mba..

  4. Ini aplikasi baru kah mb SehatQu? Wah ternyata bisa mengatasi mslh antrian pnjang saat berobat ya mb. Bisa juga jnjian ke dokter. Wah boleh nih segerz ngevek web nya. Mjah info bermnfaatnya ya mb…

Leave a Reply