Aplikasi Al-quran perangkat Android

Aplikasi Al-quran perangkat Android

Aplikasi Al-quran – Sekarang setiap orang sudah banyak yang ‘melek’ teknologi dengan mengoptimalkan telpon pintar yang dimiliki. Salah satunya yaitu keberadaan Aplikasi Al-quran yang memberi kemudahan bagi siapa saja untuk tilawah saat lupa membawa mushaf. Di beberapa tempat kajian yang saya temui, aplikasi Al-quran ini sering digunakan. Ketika ustaz mengatakan untuk membuka Quran Surah sekian ayat sekian, serentak peserta yang hadir di majelis menyalakan handphone mereka kemudian mencari Surah yang dimaksud.

Pemandangan ini bukan hal yang baru, meski tidak semua orang nyaman dengan aplikasi Al-Quran, tapi setidaknya aplikasi ini juga dibuat bukan untuk kesia-siaan. Meski bukan sebagai pengganti Al-quran dalam bentuk Mushaf, karena lebih memposisikan sebagai pelengkap jika lupa membawa Mushaf.

Dari banyaknya aplikasi Al-quran yang ada, saya ingin menuliskan kelebihan dan kekurangan pada dua aplikasi Al-quran yang saya gunakan di telpon pintar, yaitu Aplikasi Al-quran yang dikembangkan oleh Martinvillar(.)com dan aplikasi yang dikembangkan oleh Andi Unpam. 

Persamaan Al-quran versi Martinvillar(.)com dan Andi Unpam yaitu keduanya menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga memudahkan masyarakat Indonesia untuk menggunakannya. Selain itu, pada tampilan user interface-nya hampir mirip pada bagian Menu Utama pemilihan Surah serta pada bagian Surah dengan tampilan nomor ayat di sebelah kiri.

Qoran application


Al quran Martinvillar.com ini sudah saya gunakan sejak sekitar tahun 2013. Jadi, saya sudah lumayan hapal bagaimana tampilannya serta icon hijaunya. Setiap mengganti perangkat telpon, saya pasti akan menginstal terlebih dahulu aplikasi ini. 

Kelebihan : Terdapat menu Ajiza’ yang merupakan kata dasar dari Mu’jizat. Ada 30 poin Ajiza’ yang terdapat di aplikasi ini. Juga terdapat alarm penanda azan waktu solat yang merupakan menu tambahan pada aplikasi ini. Selain itu, untuk menu bookmark, pencarian serta penyimpanan ayat terakhir yang dibaca, sudah ada di aplikasi ini.

Qoran application

Sementara untuk Aplikasi Al-quran yang dikembangkan oleh Andi Unpam, memiliki icon berwarna biru. Pada tampilan user interface, sudah saya beri tahu sebelumnya, dengan warna biru toska dan warna latar putih, membuat tampilannya sederhana namun tetap enak untuk dibaca berlama-lama. 

Kelebihan : Jika dibandingkan dengan Aplikasi Al-quran versi Martinvillar.com, aplikasi ini cenderung lebih lengkap. Sudah tentunya menu bookmark, lanjut baca dan pencarian sudah ada pada aplikasi ini. Tapi, yang menjadi poin kelebihan di sini yaitu terdapat menu khusus “Juz” dimana menu ini persis seperti pada Mushaf, menampilkan ayat mana yang sudah masuk Juz 2, dst. Ini memberi kemudahan bagi pengguna yang terbiasa membaca satu Juz sekali baca. Juga, kelebihan selanjutnya yaitu, terdapat huruf latin bacaan arab, jadi memberi kemudahan juga bagi pengguna yang masih belum lancar belajar huruf hijaiyah. Serta menu antar ayat yang memberi kemudahan tanpa harus kembali ke Menu Utama untuk melanjutkan bacaan ke Surah berikutnya.

Nah, diantara kedua kelebihan tersebut, kekurangan antara satu Aplikasi dengan aplikasi lainnya sudah jelas. Kekurangan pada aplikasi yang dikembangkan Martinvillar tidak memiliki menu khusus Juz, tidak ada tulisan latin untuk tulisan arabnya serta menu navigasi antar Surah sedikit sulit, karena ikon yang mengarah ke surah selanjutnya berdekatan dengan menu untuk mengunduh Audio sehingga sering sedikit menyulitkan.

Tapi, meski tampak lebih banyak memiliki kelebihan, Al-quran yang dikembangkan oleh Andi Unpam ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak adanya menu tambahan untuk pengingat solat. Sehingga harus diinstal secara terpisah. 

Nah, bagaimana? Setiap aplikasi ternyata memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang bisa dijadikan pertimbangan, mana aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau, Anda memiliki pendapat tersendiri terkait aplikasi Al-qoran pada umumnya? Atau ada rekomendasi aplikasi Al-quran favorit? Silakan bagikan tulisan Anda di kolom komentar :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *