How To Make Stories On Feed Photo Style

IG Stories
IG Stories

IG Stories Unik Sedang Banyak Berseliweran. Gara-gara tema Upload Kompakan hari kamis kemarin. Saya jadi bersemangat edit foto. Pasalnya, gaya foto dengan model Stories on Feed ini memang sedang saya ingin sekali coba. Siapa yang menyangka, tiba-tiba ilmunya tersedia dan bisa saya praktekkan.

Stories on Feed sebenarnya metode penggambungan antara tampilan foto di IG stories dengan tampilan foto aslinya. Dengan menitik-beratkan pada satu objeknya, sehingga foto tampak lebih unik.

Awal mula saya penasaran dengan gaya foto ini ketika di explore IG saya memuat gambar editing photoshop seseorang. Tentunya, dia menyematkan layar IG story pada fotonya. Dan itu tampak lucu sekali. Benar saja, saking lucunya saya sampai ketagihan ingin coba terapkan editing foto ini lagi.

Persiapan yang harus dilakukan, yaitu harus menyediakan gawai pintar yang sudah terpasang aplikasi Picsart atau Snapseed atau pula Pixlr. Jangan lupa juga, harus ada aplikasi Instagram di handphonenya. Setelah itu, silakan ikuti cara di bawah ini.

IG Stories Lucu, Bagaimana Cara Bikinnya?

1. Buka aplikasi Picsart dan pilih foto yang ingin diedit. (Catatan : Untuk tahap ini saya pakai Photosop Express).

Kemudian pilih menu Crop untuk memfokuskan foto pada objek yang mau ditayangkan di layar IG Story.

2. Setelah itu, kita pindah ke aplikasi Instagram. Buka aplikasi IG, kemudian unggah foto yang sudah dicrop tadi. Ingat, fotonya tidak di post di Stories, ya. Hanya di screenshot. Kemudian, di screenshot foto yang tayang di IG Stories.

Kenapa? Biar kelihatan tampilan menu di IG Story yang memang khas. Karena itulah namanya Stories on Feed.

3. Setelah dapat screenshot dari aplikasi Instagram Story. Sekarang, buka aplikasi Picsart, kemudian pilih foto aslinya.

4. Setelah itu, saya menambahkan efek warna pada foto asli atau foto base-nya. Agar tampak perbedaannya dengan yang ada di IG.

Untuk penambahan efek, bisa buka menu Effects.

Effect


5. Kemudian, tambahkan gambar hasil screenshot dari Instagram untuk menimpa foto base-nya.

Atur sedemikian rupa sehingga tampak presisi. Supaya objek dan penampakan di sekitarnya tidak berbeda.

Perhatikan garis putih pada lapangan. Itu patokan saya menentukan apakah fotonya sudah presisi atau belum. Anda juga bisa melihat objek lain yang tampak lurus agar posisi foto capture di IG tampil cukup baik.

6. Jangan lupa menambahkan watermark pada foto Anda. Dan, jangan lupa disimpan.

Bagaimana? Tertarik mencoba? Hal tersulit apa kira-kira yang akan ditemui saat edit foto?


3 thoughts on “How To Make Stories On Feed Photo Style”

  1. ade anita says:

    ajarin aku cara motong video yang mau ditampilin di story biar videonya nyambung dong antara story satu ke story berikutnya… aku masih bingung mainan story

  2. Aku masih belum lihay kalau bikin IG Story hahaha… ya gitu2 aja hasilnya. Yang sambung-menyambung juga belum gape. Nanti deh aku belajar editing. Bisanya aku konten doang hihihihi..tq ilmunya ya.

    1. Ipeh Alena says:

      Sama-sama, Mak. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *