5 Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula

blogging

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula – Sebagai orang yang senang mampir ke beberapa blog untuk baca-baca tulisan mereka, ada banyak hal yang saya temui terkait kondisi blog mereka. Entah itu dalam tampilan Mobile atau Dekstop version. Ada beberapa hal yang sepertinya harus diperhatikan oleh Blogger Pemula.

Tentunya, ini juga berlaku bagi saya sih, sebagai blogger pemula juga. Sehingga, tulisan ini sebagai ajakan untuk belajar bersama. Yuk, kita belajar bersama, karena saya juga masih punya nih postingan jadul yang ternyata masuk ke dalam daftar di bawah ini. Setelah ini, sepertinya akan segera saya benahi.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula

1. Tidak Menggunakan Gambar

Kalau blogger yang sudah tenar, sudah memiliki pembaca sendiri, setiap postingan tayang selalu punya orang-orang yang hadir sebagai pembaca setia. Mungkin, ada atau tidaknya gambar tidak akan dipermasalahkan. Tapi, kalau masih pemula, baru memulai ngeblog, saya sarankan untuk menyisipkan gambar yang relevan dengan tulisan kita.

Saya pernah berkunjung ke salah satu blog, memang belum saya kenal betul, tapi bisa membuat saya betah di blognya hanya karena dia menyisipkan gambar bergerak yang membuat saya tertawa terpingkal-pingkal. Jadi, ternyata menyisipkan gambar yang relevan itu benar-benar berpengaruh, loh.

By the way, saya sendiri hanya mampu menyisipkan gambar sebagai header judul saja, apakah itu boleh? Bagi saya sih boleh-boleh saja. Karena saya anggap sebagai cover kalau diibaratkan sebuah buku :). Asal jangan terlalu polos, nanti karetnya cuma satu #eh.

layout blog


2. Sidebar/Widget Yang Berantakan

Coba sebelum memulai publikasi blog, dicek terlebih dahulu, kira-kira susunan Sidebar-nya berantakan atau enggak? Jangan sampai, ini justru mengganggu pengunjung yang singgah di blognya. Gara-gara sidebar yang ukurannya kurang sesuai, akhirnya tulisan di bagian body blog tertutup atau justru enggak dapat jatah, padahal body blog kan bagian yang penting. Karena body blog yang lumayan lebar, bisa membuat pengunjung nyaman untuk membaca tulisanmu.

share button

3. Tidak Ada Tombol Berbagi

Meski ngerasa masih pemula dalam dunia blog, jangan juga terus enggak memerhatikan tombol berbagi aka Sharing Button. Ini tetap harus selalu ada di blog kita. Biar pengunjung yang suka dengan tulisan kita, meski kita ngerasa masih nyubi banget, tetap bisa membagikannya tanpa ribet harus copy url address. Pede aja dulu, kalau pasti akan ada pengunjung yang mampir. Urusan akan dishare atau enggak tulisan kita, belakangan. Yang penting eksis dulu itu Sharing Button #eh.

blogging

4. Warna Huruf Dan Warna Background Tidak Sesuai

Ada memang blogger yang sudah profesional menggunakan warna latar dan warna huruf kurang sesuai, terlihat lebih ngejreng. Tapi, karena dia sudah punya segmen pembaca tersendiri bukan berarti bisa langsung diikuti mentah-mentah. Karena bisa jadi kurang sesuai dengan blog yang kita publish. Saran saya, gunakan saja warna latar dan warna huruf yang bisa membuat mata yang baca terasa nyaman.

Seperti kombinasi latar putih dan warna huruf hitam, ini memang tampak sederhana. Tapi toh enggak bikin pengunjung sakit mata nantinya. Ini bisa jadi nilai tambah juga, agar mempermudah pengunjung membaca dan mereka bisa dengan senang hati mampir lagi ke blog kita. Di sana senang di sini senang gitu deh.

5. Lambat Loading

Saya pernah loh mampir ke blog yang ketika saya membuka laman blognya, disapa sama tornado yang sedang berputar-putar. Lumayan lama juga tornadonya, bikin saya malas untuk balik lagi jadinya. Ini nih yang harus diperhatikan, jangan sampai tampilan template atau blog yang kita punya dijejali banyak hal sehingga loadingnya jadi lambat. Zaman sekarang orang butuh yang cepat, kalau blog kita lambat aka berat ketika diakses, jangan harap pengunjung mau balik lagi ke blog kita.

Gitu, jadi siapa yang sedang ingin memperbaiki tampilan blognya? Jangan lupa ya, 5 hal di atas harus diperhatikan. Saya juga masih menyesuaikan, beberapa postingan saya juga ada yang belum sesuai, dan saya semangat untuk membenahinya. Semoga pembaca juga semangat untuk bebenah blognya, ya.

Nah, menurut Anda apa lagi ya hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger selain 5 hal di atas? Silakan berbagi di kolom komentar, semoga bisa bermanfaat untuk pengunjung. Terima kasih sudah berkunjung dan  membaca tulisan saya.

4 thoughts on “5 Hal Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula”

  1. Untuk penyisipan gambar, saya rasa harus selalu ada sebagai visioner/gambaran bagi pembaca. Terlebih yang mengulas tips dan trick
    Dan masalah loading ini harus juga diperhatikan khususnya bagi penulis konten / blogger karena akan jadi satu pertimbangan juga bagi pembaca 🙂

    1. Ipeh Alena says:

      Iya, Mak. Kalau blognya lambat rasanya males mau mampir bawaannya, ya.

  2. Inia poe says:

    kalau misal orang berbagi post, adakah pemberitahuan dari kita gk ya ?

    1. Ipeh Alena says:

      Maksudnya orang berbagi post bagaimana, ya?
      Kalau maksudnya bisa tetap up to date dengan tulisan terbaru dari blogger lain. Bisa mengikuti akun tersebut jika sesama pengguna blogspot. Nanti akan muncul tulisan terbarunya di Reading Spot. Tapi, kalau maksudnya orang lain membagikan tulisan kita ke kanal sosial. Tidak ada notifikasinya. Tapi, kalau pasang widget sharing yang ada counternya, biasanya terlihat berapa kali artikel tersebut dibagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *