Destinasi Wisata dan Jadwal Kereta Surabaya – Malang

koloke malang
wisata kota malang

Destinasi Wisata dan Jadwal Kereta Surabaya – Malang. Jarak antara kota Surabaya ke Malang itu cukup dekat. Perjalanan menuju Kota Malang ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam saja.

Kondisi geografis Malang yang terletak di dataran tinggi. Membuat Kota Malang ini udaranya lebih sejuk. Bahkan, suasana di sana terasa lebih tenang. Tidak heran kalau warga Surabaya sering menjadikan Kota Malang sebagai destinasi liburan terdekat.

Anda bisa mencapai Malang dari Surabaya menggunakan kereta api melalui Stasiun Gubeng. Waktu tempuh perjalanan ini kurang lebih 2 jam dengan jarak 98 kilometer. Tarif yang dikenakan sebesar Rp. 65.000,- untuk eksekutif dan Rp. 35.000,- bagi kelas ekonomi. Sedangkan jadwal kereta ekonomi Surabaya Malang dapat Anda lihat melalui aplikasi atau situs yang menjual tiket kereta.

Lima Cara Seru Travelling Surabaya Malang

Kota pahlawan ini menyimpan banyak sejarah, sehingga banyak wisata sejarah di Surabaya. Namun bila Anda bergeser ke selatan Anda akan mendapati kota dengan destinasi menarik. Opsi terbaik liburan ke kota dingin bagi warga Surabaya tentunya. Namun bila dapat berkunjung ke kedua tempat ini tentu menyenangkan. Agar liburan Anda berjalan mulus dan berkesan Anda bisa gunakan taktik ini. Di antaranya: 

wisata kota malang


1. Buat itenerari perjalanan Anda

Dengan itenerari perjalanan akan sangat berguna dalam melakukan traveling apalagi bervakansi ke dua kota. Adanya itenerari perjalanan Anda lebih fungsional mulai dari tenaga, waktu, serta keuangan agar tidak kebablasan. Dari sana Anda bisa menentukan tempat wisata mana saja yang ingin didatangi. Buat prioritas untuk tempat rekreasi yang ingin dikunjungi.

2. Tinggal di penginapan yang instagrammable

Berwisata baik ke Surabaya, Malang, ataupun ke dua kota tersebut tak cukup hanya satu hari karenanya tentu butuh tempat beristirahat alias penginapan supaya wisata Anda makin berkesan pula. Saat memilih tempat tinggal sementara pilih penginapan intagrammable tetapi tetap sesuai dengan keuangan Anda.

Baik di Surabaya dan Malang memiliki hotel, hostel, ataupun ragam penginapan lainnya yang eye-catching serta menarik. Harganya pun bervariasi, semua tergantung pada pilihan dan kondisi budget Anda.

3. Semakin seru memakai kereta api jalur Surabaya Malang

Bepergian menggunakan kereta rute Surabaya Malang merupakan moda transportasi kekinian saat ini. Selain nyaman dan aman, fasilitas kereta saat ini makin meningkat serta harga tiketnya juga murah. Waktu perjalanan yang dihabiskan hingga sampai ke Stasiun Malang kurang lebih dua jam. Adapun jadwal kereta rute Surabya Malang ini sebanyak 4 kali dalam sehari. Lebih tepatnya Anda dapat cek di website jual tiket kereta api Indonesia.

4. Traveling sambil belajar sejarah

Ke dua kota ini juga dikenal sebagai kota budaya dan juga memiliki banyak sejarah. Travelling di kota-kota ini akan memperkaya pengetahuan sejarah Anda. Berwisata sejarah sangat baik bagi anak-anak, supaya menambah pengetahuan serta lebih menghargai perjuangan para pahlawan yang membela tanah air.

Tempat sejarah di Surabaya tak hanya di Tugu Pahlawan dan Hotel Majaphit saja. Masih banyak tempat sejarah yang harus dikunjungi seperti Jembatan Merah, Gedung Siola, dan banyak lagi. Jembatan Merah dahulunya digunakan sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan. Sementara Gedung Siola ini pernah dijadikan tempat pertahanan untuk melawan sekutu.

Sedangkan di Malang Anda akan disuguhkan sejarah kerajaan yang pernah Berjaya di Nusantara. Di kecamatan Singosari tepatnya di desa Candirenggo terdapat Candi Singosari. Bangunan kuno ini adalah prasasti untuk menghormati dan mengenang Raja Kertanegara. Di Malang Anda juga bisa menemukan Permandian Ken Dedes.

5. Mencicipi kuliner khas setempat

Untuk melengkapi perjalanan vakansi Anda, beragam tempat wisata makanan khas daerah setempat perlu Anda coba. Surabaya dan Malang mempunyai banyak sajian kuliner yang rasanya menggugah selera. Contohnya tahu tek atau campur, lontong balap, rawon setan, rujak cingur, dan banyak lagi makanan dari Surabaya.

Kalau Anda berada di Malang maka kuliner yang patut dicicipi seperti ronde titoni dan pecel kawi. Kuliner ini tak boleh Anda lewatkan, sebab makanan tersebut merupakan kuliner yang melegenda di Kota Malang.

Sama satu lagi yang baru pertama kali saya tau saat mampir ke Malang. Yaitu makanan Koloke. Makanan ini rasanya seperti ikan dibumbui tepung. Tapi, tidak amis. Disiram dengan bumbu saus merah yang tidak pedas.

wisata malang

Pertama kali mencicipi hidangan ini, saat saya mampir ke wilayah Dempo. Lokasinya persis di depan sekolah. Terdapat warung tenda yang berjejer dan berisi banyak macam jualan. Warung tenda biru milik Cak To Dempo yang saya kunjungi.

Kalau mampir ke Malang. Saya mau ke sana lagi. Siapa tau masih ada dan masih jualan. Karena, di Bekasi tidak ada menu masakan Koloke ini.

Trik atau cara menikmati travelling di Kota Surabaya Malang ini tentu akan menyemarakkan liburan serta perjalanan jadi lebih teratur. Apalagi bepergian menggunakan kereta api, perjalanan jadi lebih santai dan nyaman. Buat liburan Anda di dua kota ini makin berkesan dengan mengaplikasikan kelima cara ini.

Kalau Anda ke Malang, makanan apa yang paling ingin Anda cicipi sesampainya di kota tersebut?

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.